Jusuf Kalla: Pendidikan Berawal dari Ibu

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

HIDORID — Bagi Jusuf Kalla, pendidikan secara mendasar berawal dari keluarga. Sosok ibu akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang seorang anak sampai ia menjadi dewasa.

“Pendidikan berawal dari rumah atau dari ibu. Itu segala-galanya,” ucap mantan Wakil Presiden itu di sela-sela acara peluncuran novel ‘Athirah’ di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Ahad (22/12).

Pria yang akrab disapa JK itu menuturkan, kearifan dan keteladanan seorang ibu akan membentuk karakter seorang anak. Menurutnya, membesarkan anak itu tidak harus dengan kemewahan.

Memberikan contoh keteladanan dan dorongan kepada anak jauh lebih penting dari semuanya. Selain itu, lanjut JK, tentu seorang ibu juga harus mengawasi anak-anaknya.

Ketua Dewan Masjid Indonesia ini menambahkan, cara kehidupan yang sederhana akan jauh lebih baik untuk perkembangan pendidikan anak. “Karena sederhana itu punya kekuatan. Jangan berlebih-lebihan,” katanya.

JK mempersembahkan sebuah novel yang berjudul ‘Athirah’ untuk almarhum ibunya tepat di Hari Ibu 22 Desember. Novel tersebut merupakan kisah ibunda JK bernama Athirah yang dianggapnya sebagai sosok yang sangat berpengaruh di dalam perjalanan hidupnya.

Bagi JK, sosok Ibu Athirah telah memberi nilai-nilai kehidupan dan prinsip-prinsip dalam hidupnya. (ant/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.