Mulai Tahun Depan Pemerintah Hapus UN bagi Siswa Madrasah

Kegiatan di sekolah Madrasah

Kegiatan di sekolah Madrasah

HIDORID — Kementerian Agama mulai 2014, akan menghapus pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI).

“Pelaksanaan ujian tahap akhir bagi siswa MI diganti dengan ujian Madrasah,” ujar Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Komaruddin Amin, dalam keterangannya di Jakarta, belum lama ini.

Selain itu, kata dia, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama juga mengadakan Apresiasi Pendidikan Islam (API) 2013. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengapresiasi pengabdian para pendidik, tokoh pendidik, prestasi peserta didik dan pemerintah daerah yang peduli dengan pendidikan Islam.

“Ini salah satu dari kegiatan dalam mengapresiasi pendidikan di Indonesia,” kata dia.

Apresiasi Pendidikan Islam menurutnya merupakan program tahunan yang diselenggarakan Kemenag, dan sudah diselenggarakan yang keenam kali. Dia berharap, dengan diselenggarakannya acara itu, pendidikan Islam ke depan semakin lebih lagi. Karena peran serta pendidikan Islam mencapai 20 persen dalam pendidikan di Indonesia.

“Peran itu mulai dari Raudhatul Athfal sebanyak 25 ribu lembaga dengan satu juta peserta didik, ada delapan juta siswa madrasah dari Madrasah Ibtidaiyah sampai Aliyah, di Perguruan Tinggi meliputi 720 ribu mahasiswa, ada 76 ribu lembaga diniyah takmiliyah dengan 4,2 juta peserta didik serta 27 ribu pesantren meliputi empat juta santri,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menambahkan, API merupakan kegiatan untuk mengapresiasi pengabdian para pendidik dan tokoh pendidikan, prestasi peserta didik, serta Pemerintah Daerah yang peduli dan komitmen terhadap peningkatan mutu, akses, dan daya saing. API diselenggarakan untuk memberikan penghargaan atas prestasi pendidik dan tokoh pendidikan, serta memotivasi untuk terus berprestasi.

“Kita juga berupaya mendorong agar anggaran pendidikan di Kemenag ditingkatkan sesuai dengan proposinya,” imbuhnya.

Saat ini anggaran yang tersedia baru 8-9 persen atau sebanyak Rp40 triliun. Kemenag berjuang untuk dapat anggaran proposional bekerjasama dengan lembaga internasional. Kegiatan API dijadwalkan digelar pada Jumat, 13 Desember 2013 di sebuah hotel di Jakarta. (kem/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.