Membangun Peradaban Islam, Pelestarian Budaya Jadi Kebutuhan

IST

IST

Hidayatullah.or.id — Pelestarian budaya Islam sudah menjadi kebutuhan. Itu bisa digunakan secara bersama-sama untuk membangun peradaban Islam di seluruh dunia.

“Jika dimanfaatkan, ini akan mencegah upaya pelemahan terhadap umat Islam yang datang dari segala arah,” kata Direktur Islamic Educational, Scientific and Cultural Organization (ISESCO) Abdul Aziz Othman Altwaijri pada acara Konferensi Khusus Menteri Kebudayaan Negara-Negara Islam di Madinah, Arab Saudi, Selasa (22/1).

Menurut Abdul Aziz, jika seluruh negara yang memiliki warisan budaya Islam bersatu dan dikembangkan, maka ini akan membangun umat muslim dari keterpurukan. “Tentunya, dengan bantuan dan bimbingan Allah,” katanya.

Jika umat Islam bersatu untuk mewariskan budaya-budayanya, maka ini menjadi cara yang efektif untuk mencapai kemajuan budaya. Hal tersebut sangat diperlukan untuk pembangunan yang lebih besar dalam bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan, dan teknologi.

Karena itu, Abdul Aziz meminta, setiap negara yang memiliki penduduk Islam, harus memanfaatkan semua potensi warisan budaya yang ada. Ini merupakan tugas mulia untuk meneruskan regenerasi keislaman pada generasi yang akan datang.

Puluhan menteri dan wakil pemerintah bidang kebudayaan negara berpenduduk mayoritas muslim menghadiri konferensi internasional tentang kebudayaan Islam di Madinah, Arab Saudi, Selasa (21/1) hingga Rabu (22/1).

Mereka saling berbagi pengalaman dan pandangan tentang kebudayaan Islam pada acara yang diselenggarakan oleh ISESCO untuk kedelapan kalinya tersebut.

ISESCO adalah organisasi yang memberikan perhatian pada bidang pendidikan, kebudayaan, dan ilmu pengetahuan, dan merupakan salah satu badan khusus di bawah Sekjen Organisasi Kerjasama Islam (OKI). (rep/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.