Hidayatullah Sulbar dan Bone Kembangkan Pendidikan Dini

Acara wisuda dan pelepasan di PAUD / TK Hidayatullah Bone / DOK

Acara wisuda dan pelepasan di PAUD / TK Hidayatullah Bone / DOK

Acara wisuda dan pelepasan di PAUD / TK Hidayatullah Mamuju / DOK

Acara wisuda dan pelepasan di PAUD / TK Hidayatullah Mamuju / DOK

Hidayatullah.or.id — Pimpinan Wilayah Hidayatullah Sulawesi Barat (PW Hidayatullah Sulbar), Drs. Abu Bakar Muis, mengatakan pihaknya kini sedang mulai mengembangkan layanan pendidikan untuk anak usia dini atau PAUD, selain berkonsetrasi memenuhi permintaan tenaga dai di wilayah tersebut.

Di Sulbar, kata dia, sebanyak 9 pengurus daerah Hidayatullah di provinsi muda tersebut sudah memiliki PAUD yang berada di bawah koordinasi Muslimat Hidayatullah (Mushida) setempat. Diantaranya di Tobadak, Polman, Karema, Baras, Salutalawar, Majene, Mamasa, Mambi, Trailu, dan Todeng.

Pada tanggal 6 Juni 2014 lalu PAUD dan TK Al Furqan Hidayatullah Mamuju melakukan pawai di jalan protokol Kota Mamuju Sulbar. Para peserta didik melakukan kegiatan main peran ini dengan mengenakan pakaian bervariasi.
Selain itu, juga dilakukan Wisuda di PAUD dan TK Nurul Huda Hidayatullah Tarailu, Kabupaten Mamuju yang berjarak tidak kurang 75 km dari utara kota. Pada tanggal 7 Juni 2014 itu ketua PW Hidayatullah Sulbar Abu Bakar Muis menyerahkan hadiah dan ijazah kepada santri sebanyak 20 orang yang tamat tahun ini.

“Kami menganggap PAUD sebagai basis pendidikan kader sehingga kami menargetkan keberadaannya eksis di semua daerah di provinsi Mamuju,” kata Abu Bakar kepada media ini, ditulis Kamis (12/05/2014).

Abu menilai keberadaan PAUD dan kedepannya akan diadakan juga Baby Care sebagai wadah edukasi dan bina kompetensi anak usia dini, sangat penting dan mendorong bertumbuhnya pola edukasi yang terintegrasi.

“Yang mendidik dan mendampingi anak-anak usia dini adalah tenaga yang juga sudah memahami pola pendidikan anak, untuk itu akan dilakukan pembinaan berkelanjutan untuk para pendamping,” ujarnya memungkasi.

Geliat di Hidayatullah Bone

Geliat yang sama ditunjukkan oleh Hidayatullah Bone, Sulawesi Selatan, yang saat ini juga aktif melakukan pengembangan pendidikan anak usia dini. Selain menyelenggarakan pendidikan tingkat pertama dan atas, PAUD juga dibuka oleh Hidayatullah Bone.

Ketua Pimpinan Daerah Hidayatullah Bone, Ustadz Drs. Ismail Muchtar, mengatakan sebagai salah satu amal usaha Hidayatullah adalah bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan Islam dengan sistem integral dalam aspek intelektual, mental spiritual, sehingga dapat melahirkan siswa muslim yang cerdas dan bertakwa.

Untuk itu, aku dia, sangat memerlukan campur tangan Allah subhanahuwata`ala untuk mewujudkan pendidikan Islam yang unggul dan kompetetif sehingga dapat melahirkan generasi rabbani.

“Sehingga semua aspek pendidikan kita perhatikan,” katanya kepada media ini beberapa saat lalu.

Hidayatullah Bone telah beberapa kali melalukan acara kelulusan pesreta didiknya pada program PAUD. Terakhir, digelar acara yang berlangsung pada Ahad tanggal 1 Mei 2014 lalu dihadiri oleh orang tua santri hadir pula Pengawas TK/SD Wilayah V Kecamatan Tanete Riattang Timur, ketua BKPRMI kabupaten Bone dan bapak serta ibu guru Pembina Yayasan Al Fath Hidayatullah Bone.

Acara pembukaan, sambutan-sambutan, penyerahan ijazah TK yaa Bunayya dan TPA Al Hidayah hingga acara doa, tidak ketinggalan tampilan-tampilan hafalan surah pendek, Nasyid, baca puisi dan pidato bahasa Arab oleh adik-adik dari TK/TPA. Hingga acara berlangsung selama 3 jam.

“Hal inilah yang membedakan di tempat ini dengan TK yang lain, bahkan di TK luar pada acara istirahat ditampilkan acara dansa dan menyanyi yang tidak syar`I,” kata Ketua Departemen Pendidikan Hidayatullah Bone, Muhammad Jamil, S.Pd pada saat memberikan sambutan.

Lokasi TK yang menyatu dengan lingkungan pesantren yang asri dan teduh merupakan fasilitas utama yang perlu diutamakan bagi orang tua yang ingin menitipkan anaknya untuk dididik. Seperti inilah gambaran pesantren Hidayatullah Bone yang banyak tumbuh pohon Mangga nan rindang dan aman dari kendaraan umum.

Acara penamatan TK/TPA ini sekaligus diselingi oleh panitia menampilkan para juara PORSENI santri untuk pembagian hadiah dan pembagian brosur penerimaan siswa baru TKIT Yaa Bunayya, SDIT, MTs dan Madrasah Aliyah Al Hikmah kepada hadirin orang tua santri. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.