Karya Bakti TNI AD di Pesantren Hidayatullah

Panglima Komando Daerah Militer VI/Mlw Mayjen TNI Dicky Wainal Usman, S.IP., M.Si. saat menutup secara resmi Karya Bakti TNI Skala Besar tahun 2014, di Lapangan Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak / Penerangan Kodam VI/MLW

Panglima Komando Daerah Militer VI/Mlw Mayjen TNI Dicky Wainal Usman, S.IP., M.Si. saat menutup secara resmi Karya Bakti TNI Skala Besar tahun 2014, di Lapangan Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak / Penerangan Kodam VI/MLW

Hidayatullah.or.id — Lapangan dengan view sebuah kolam milik Pondok Pesantren Hidayatullah, Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur, yang biasa diisi dengan kegiatan para santri maupun warga sekitar yang hobi memancing terlihat berbeda, Senin (11/8) lalu.

Puluhan mobil serta truk berwarna hijau memenuhi sisi luar lapangan. Puluhan pria berbaju loreng itu terlihat sibuk membangun tenda dan mendirikan tiang penyangga spanduk bertuliskan Upacara Penutupan Karya Bakti TNI AD Skala Besar TA 2014. Sedangkan beberapa kelompok prajurit membentuk beberapa barisan di dalam lapangan.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa program Karya Bakti TNI AD Skala Besar TA 2014 ini merupakan program yang dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan pemerintah daerah, instansi terkait, dan masyarakat setempat,” ucap Pangdam VI Mulawarman Dicky Wainal Usman saat upacara berlangsung.

Ia mengatakan, pencapaian sasaran fisik lebih diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur guna peningkatan sarana prasarana dan fasilitas umum dalam mempercepat pembangunan di daerah.

“Maka dari itu kami memilih pembuatan dan pengerasan jalan sepanjang 1.050 meter dengan lebar 4 meter,” imbuhnya.

Dan pembuatan parit kiri kanan jalan sepanjang 2.000 meter serta sasaran nonfisik yaitu pengobatan masal dengan jumlah pasien sebanyak 162 orang dengan tujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” kata Dicky.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan keberhasilan pelaksanaan Karya Bakti TNI AD Skala Besar ini, tentu tidak terlepas dari peran dan partisipasi masyarakat yang masih memegang teguh budaya gotong royong dan musyawarah untuk mufakat serta adanya keterpaduan dan kebersamaan seluruh pihak.

“Jalanan ini adalah karya prajurit dan rakyat secara bersama. Kegiatan telah berjalan sejak 12 Juni-11 Agustus lalu melibatkan 175 orang. Yang memperpendek jarak antara warga RT 22 dan RT 24 Kelurahan Teritip khususnya anak-anak untuk akses ke sekolah maupun pasar. Anggaran yang di keluarkan dari dana TNI AD berjumlah Rp 912 juta,” imbuhnya.

Setelah upacara, Pangdam VI Mayor Jenderal Dicky Wainal Usman bersama rombongan bergerak menuju SD 016 Balikpapan. Di sini, Pangdam secara simbolis meresmikan proyek hasil Karya Bakti TNI AD Skala Besar TA 2014 sekaligus meninjaunya. (*/yin/tom/k8)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.