SARNAS Hidayatullah Giatkan Diklat Penanganan Bencana

diklat sarnas hidayatullah tarakan 2015

Diklat SARNAS Hidayatullah di Kaltara

Hidayatullah.or.id — Tim pencarian dan penyelematan SAR Nasional Hidayatullah terus aktif melakukan kegiatan pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan penanganan bencana alam di nusantara. Seperti telah dimafhum, bencana alam seringkali terjadi tanpa dapat diprediksi.

Karenanya, Ketua SARNAS Hidayatullah, Syaharuddin Yusuf, dalam keterangannya kepada media di Jakarta beberapa waktu lalu, mengatakan masyarakat harus selalu diimbau untuk membangun kewaspadaan terhadap berbagai macam kemungkinan gejolak alam.

Bencana seperti banjir, longsor, gempa, dan gejala alam lainnya, sedapat mungkin bisa dihadapi dengan persiapan yang bagus baik dari aspek fisik, mental, maupun spiritualitas. Agar dapat survive dalam kondisi berat, kata Syahar, ketiga hal tersebut harus bisa dijaga.,

“Sebab, bagaimana pun, gejala alam yang terjadi di sekitar kita seperti banjir dan sebagainya, boleh jadi memang karena ulah manusia juga. Karena itu SARNAS Hidayatullah memasuki ceruk ini untuk aktif mensosialisasikan pentingnya menjaga keseimbangan bumi,” kata Syaharuddin.

Gelaran kegiatan Diklat SARNAS Hidayatullah saat ini terus dipacu. Kata Syahar, setelah sebelumnya dilakukan diklat di Balikpapan selama lebih dari 2 pekan, pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan serupa di tempat lain.

Pada Januari lalu, pihaknya menggelar acara pendidikan dan latihan (diklat) dasar untuk calon anggota pemula se-Kalimantan Utara (Kaltara). Acara ini digelar selama 10 hari (22 Desember – 1 Januari 2015) di Kota Tarakan.
Acara ini digelar di 2 tempat yakni di Kampus Hidayatullah Karungan (materi indoor) dan di Pantai Amal untuk materi praktik (outdoor). Acara ini diprakarsai oleh Syabab Hidayatullah Kaltara dan mendapatkan arahan langsung dari SAR Nasional Hidayatullah Pusat.

Kegiatan ini diikuti juga oleh perwakilan organisasi kepemudaan (OKP) yang dalam hal ini yang tergabung di dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Diklat ini digelar atas kerjasama Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas, TNI, Polisi, PMI dan didukung oleh beberapa perusahaan (BUMN) dan swasta.

Bersamaan dengan selesainya acara Diklat SAR Nasional Hidayatullah Kaltara, sekaligus mengukuhkan Ketua SAR Nasional Hidayatullah Kaltara dan pengurus. Pada kesempatan tersebut terpilih saudara Taufiq Abdul Mannan sebagai ketua SAR Nas Hidayatullah Kaltara Priode 2015-2018.

Pada bulan Maret ini kegiatan penempaan terus dilanjutkan. Pengurus Pusat SARNAS Hidayatullah pada Maret ini akan menggelar ekspedisi bagi anggotanya. Acara ini memang digelar secara nasional yang nantinya berkoordinasi dengan SARNAS Hidayatullah Jakarta sebagai tuan rumah.

Dijelaskan Syahar, sesuai dengan amanah Musyawarah Besar Nasional SARNAS Hidayatullah 2014, bahwasanya untuk seluruh anggota SAR Nasional Hidayatullah yang pernah mengikuti Diklat SAR, maka wajib mengikuti Ekspedisi SAR Nasional Hidayatullah yang diadakan setahun sekali.

“Banyak hal yang akan didapatkan anggota dalam ekspedisi ini. Lebih dari pada itu, seluruh anggota yang hadir dalam ekspedisi ini akan dilanjutkan dengan persiapan TOT Instruktur SAR Nasional Hidayatullah mendatang dengan sistem seleksi,” jelas Syahar.

Lebih jauh kata Syahar, kuota peserta ekspedisi kali ini hanya 30 Orang yang rencananya akan dilaksanakan pada 22-28 Maret 2015 dengan destinasi Ujung Kulon Jawa Barat. Adapun batas Pendaftaran adalah Tgl 18 Maret 2015.

“Semoga rekan-rekan pengurus wilayah dapat mengirimkan wakil-wakilnya dalam acara ini,” pungkasnya (ybh/hio).

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.