GP Ansor Bantu Bangun Masjid Ponpes Hidayatullah Medan

HU Analisa Medan/ dok

HU Analisa Medan/ dok

Hidayatullah.or.id – Salah satu gerakan kepemudaan di bawah organisasi Nahdlatul Ulama (NU), Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Cabang Kabupaten Deliserdang menyumbang sebanyak 20 sak semen untuk kelanjutan pembangunan masjid santri putri Pondok Pesantren Hidayatullah di di Desa Bandar Labuhan, Kecamatan Tanjung­morawa, Deliserdang, Selasa (16/2) lalu.

Sekretaris GP Ansor Deliserdang, Julyadi Yahya Pulungan, yang memandu rombongan menuturkan, sumbangan dalam bentuk semen untuk melanjutkan pembangunan masjid Hidayatullah bagian dari komitmen Ansor setelah mengetahui informasi pembangunan masjid yang bakal digunakan aktivitas belajar santriwati Pesantren Hidayatullah itu terkendala.

“Kami datang kemari dengan membawa sumbangan ala kadarnya berbentuk semen dengan harapan kelanjutan pembangunan masjid ini bisa segera dimulai kembali,” ungkap Julyadi.

Julyadi mengatakan, sumbangan yang diberikan sebagai bentuk peduli GP Ansor Deliserdang itu masih sangat kecil serta jauh dari bisa merampungkan pembangunan masjid Hidayatullah. Namun ia berharap, sumbangsih itu bisa menjadi amal ibadah bagi pengurus yang berinfak serta menginspirasi pihak lain sehingga bersama-sama turut membantu.

“Memang tidak banyak, tapi kita berharap selain menjadi amal sahabat sahabat kita yang berinfak di Ansor, ini kita kumpul sedikit-sedkit, juga bisa menginspirasi pihak lain untuk bisa melakukan gerakan serupa,” ujarnya.

Julyadi optimis, masjid Pesantren Hidayatullah Medan untuk santri putri ini bisa segera rampung dan akan juga berupaya merangkul dermawan lainnya untuk bisa turut membantu kelanjutan pembangunan masjid Hidayatullah yang tergolong cukup megah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pesantren Hidayatullah Medan, Chairul Anam, menjelaskan, pembangunan masjid Hidayatullah dengan ukuran 16 X 16 meter itu dimulai sekira setahun lalu dan terkendala kelancarannya sekira 5 bulan terakhir karena kekurangan dana.

Selama ini, selain bersumber dari dana yayasan dalam pembangunannya juga bantuan dermawan lain yang tidak mengikat sehingga perkembangannya sudah mencapai sekira 70-80 persen.

Diharapkan pihaknya tahun 2016 pembangunan masjid ini bisa rampung dan mendapat banyak bantuan dari dermawan untuk penyelesaiannya.

Masjid Hidayatullah, terang Anam, akan difungsikan khusus untuk kegiatan belajar sekira 300 santriwati tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah serta pengajian dakwah kaum ibu dari luar pesantren.

“Nanti akan digunakan untuk kegiatan santriwati kita sekitar 300-an. Juga akan digunakan untuk aktivitas pengajian ibu-ibu yang ada di sekitar pesantren ini,” urainya.

Demi mempercepat pembangunannya, Chairun Anam sangat berharap ada pihak dermawan yang bisa turut serta membantu perampungannya. Sebab keberadaan masjid itu sangat dibutuhkan dalam menunjang akivitas belajar santriwati Pesantren Hidayatullah Medan.

Turut serta mendampingi Sekretaris GP Ansor Deliserdang Julyadi Yahya Pulungan, Bendahara Erwin Ramadani SE, Ketua PAC GP Ansor Tanjungmorawa Ahmad Najamuddin, dan Ketua Ranting NU Desa Buntu Bedimbar R Sukamto. (ana/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.