Siaran Pers DPP Hidayatullah​ tentang Tragedi Pembantaian Minoritas Muslim Rohingya

press-releaseSiaran Pers DPP Hidayatullah​ tentang Tragedi Rohingya

Siaran Pers Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah​

Bismillahirrahmanirrahim​

Alhamdulillah, washalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, wa ‘ala aalihi wa shahbihi ajma’in.​

Amma ba’du​

Tragedi pembantaian masyarakat Muslim Rohingya telah berulangkali dan sejak lama dilakukan oleh junta militer Myanmar bersama ekstrimis Budha. Masyarakat Muslim Rohingya dibunuh, diperkosa, diusir, dan diperlakukan dengan biadab tanpa bisa dicegah hingga saat ini.

Terakhir, kampung-kampung mereka telah dibakar bersama para penghuninya. Ini jelas kejahatan kemanusiaan yang serius dan tidak dibenarkan atas dalih apapun.

Kami meyakini, tidaklah mereka diperlakukan demikian selain karena mereka telah menyatakan Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad itu adalah utusan Allah. Mereka Muslim, sama seperti kebanyakan masyarakat di Indonesia.

Dalam sebuah Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW berkata, “Perumpamaan orang-orang Mukmin dalam hal cinta dan kasih sayang mereka adalah seperti satu tubuh. Jika salah satu bagian tubuh merasa sakit, maka seluruh anggota badan akan merasa demam dan susah tidur”.

Allah SWT juga berfirman, “Dan jika mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan”. (Al Anfal: 72).

Karena itu, kami Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mengutuk keras tindakan biadab dan keji yang dilakukan junta militer Myanmar dan ekstrimis Budha atas masyarakat Muslim Rohingya.

2. Mendesak pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah diplomatik untuk menyelamat masyarakat Muslim Rohingya yang mengalami genosida. Jika upaya ini, tak juga menghentikan langkah biadab junta militer Myanmar dan ekstimis Budha, maka kami mendesak pemerintah Indonesia untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Myanmar dan mengusir Duta Besar Myanmar dari Indonesia.

3. Mengajak seluruh kaum Muslim untuk membantu meringankan beban penderitaan saudara kita di Rohingya lewat aksi kemanusiaan dan penggalangan dana. Bahkan, bila telah dianggap mendesak maka kami mengajak kaum Muslim untuk melakukan upaya sungguh-sungguh dan maksimal untuk menghentikan kebiadaban dan kemungkaran yang menimpa masyarakat Muslim Rohingya.

Demikian pernyataan sikap Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah. Semoga Allah SWT menolong orang-orang yang sedang menegakkan agama-Nya dan menghinakan orang-orang yang berbuat kezaliman dan aniaya kepada umat Islam.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh​

Jakarta, 23 Shafar 1438 H/ 23 November 2016 M

Nashirul Haq
Ketua Umum

Disiarkan oleh:
Mahladi
Kabiro Humas
08158328442

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.