Pesan Pernikahan Prof Didin untuk Gapai Keluarga Sakinah

Pesan Pernikahan Prof Didin Hafidhuddin untuk Gapai Keluarga Sakinah Pesan Pernikahan Prof Didin Hafidhuddin untuk Gapai Keluarga Sakinah3 Pesan Pernikahan Prof Didin Hafidhuddin untuk Gapai Keluarga Sakinah2Hidayatullah.or.id – Anggota Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum Hidayatullah Dr Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar menikahkan putrinya dengan putra dari Dr Abdul Mannan yang juga mantan Ketua Umum DPP Hidayatullah yang saat ini mengemban amanah sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum (DPPU).

Cendekiawan Muslim Prof Dr KH Didin Hafidhuddin turut hadir dalam acara akad nikah itu sekaligus menyampaikan khutbah pernikahan.

Hadir pula menyaksikan prosesi akad nikah tersebut Pimpinan Umum Hidayatullah Ust Abdurrahman Muhammad, Ketua Umum DPP Hidayatullah Ust Nashirul Haq, juga sesepuh Hidayatullah yang juga pimpinan Java Motor, Andi Iman Loebis, serta anggota Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum Drs Abdul Rahman.

Muhammad Saddam bin Abdul Mannan dengan Izzatul Mudzakkirah binti Abdul Aziz Qahar Mudzakkar melakukan akad pernikahan di Masjid Ummul Quro, Komplek Pondok Pesantren Hidayatullah, Kota Depok, Jawa Barat, Ahad (05/03/2017).

Dalam nasihat pernikahan itu, Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (Wantim MUI) Pusat ini menyebutkan beberapa pilar penting tumbuhnya keluarga sakinah mawaddah warohmah.

Pilar pertama, kata Didin, adalah ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wata’ala. Dia menegaskan, keluarga sakinah tidak mungkin dibangun kecuali atas dasar landasan yang kuat, yaitu taqwa kepada Allah.

“Ketaqwaan kepada Allah merupakan sesuatu yang penting dalam membangun segala aspek kehidupan. Termasuk dalam membangun keluarga, apalagi membangun bangsa dan negara,” ujarnya seusai aqad nikah sepasang putra-putri tokoh ormas Hidayatullah yang digelar cukup sederhana itu.

Ia menjelaskan, untuk membangun keluarga sakinah, anggota keluarga mesti mendekatkan diri kepada Allah. Caranya antara lain melalui peningkatan ibadah, seperti membaca al-Qur’an, shalat tahajud, dan sebagainya.

“Insya Allah, Allah akan memberi keberkahan…. Keberkahan tidak mungkin turun kalau kita tidak akrab dengan kalimat-kalimat Allah,” ujarnya.

Pilar kedua, jelas Didin, ditunaikannya kewajiban masing-masing pasangan dalam rumah tangga.

“Keluarga sakinah akan mampu dibangun jika suami menunaikan kewajiban, keluarga sakinah akan mampu dibangun jika istri menunaikan kewajibannya,” ujar mantan Ketua Umum Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini.

Jadi, kata dia, daripada menuntut hak, suami maupun istri harus lebih mengutamakan penunaian kewajibannya. Suami atau istri kalau selalu menuntut hak, imbuhnya, belum tentu menunaikan kewajibannya.

Pilar ketiga, tambah Didin, suami-istri mesti mendesain rumah tangga menjadi sarana melahirkan generasi Muslim pejuang.

“Keluarga harus jadi tempat persemaian lahirnya para mujahid, keluarga harus jadi tempat persemaian lahirnya para dai,” ujarnya di depan 500-an tamu undangan yang memadati masjid.

Kemudian, pilar keempat dalam membangun keluarga sakinah, kata Didin, adalah terjalinnya hubungan yang lebih baik antara suami atau istri terhadap orangtuanya.

“Setelah pernikahan, maka hubungan dengan kedua orangtua harus semakin baik,” ujar Dekan Pascasarjana UIKA ini.

Ia mengatakan, ketika seorang suami ingin berbuat baik kepada orangtuanya, maka harus didorong oleh istrinya.

Begitu pula sebaliknya, kata dia, “Ketika seorang istri ingin berbuat baik kepada orangtuanya, maka harus didorong oleh suaminya.”

Dalam acara resepsi pernikahan tersebut hadir pula sejumlah tokoh antara lain Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X beserta permaisuri Gusti Kanjeng Ratu Hemas, anggota DPD RI Muhammad Aksa Mahmud, AM Fatwa, mantan Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Neno Warisman, dan lain sebagainya.

Selain itu tampak juga Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid, Ketua BPK RI Harry Azhar Azis, kolega dari anggota MPR, DPD, dan DPR RI, dan sejumlah anggota DPRD serta sejumlah Bupati/ Walikota dari Sulawesi Selatan. (skr/ybh)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.