Kampus Hidayatullah Bandung Ajari Santri Kultur Berjamaah

BANDUNG (Hidayatullah.or.id) – Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Bandung, Jawa Barat, tengah melakukan penyelesaian pembangunan asrama santri lantai II yang dimulai sejak hari Senin pagi (5/12/2017) dengan melibatkan para santri.

Ketua Departemen Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Bandung, Mukhsin Abuneil mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya kerja bakti ini merupakan bagian dari kurikulum integral yang dikembangkan dalam proses pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah Bandung.

“Melalui kerja bakti ini, para santri kita ajarkan tentang pentingnya hidup berjamaah yang selalu mengedepankan ukhuwah Islamiyah, punya kepedulian yang tinggi terhadap sesama dan terhadap lingkungan sekitar, siap dipimpin dan memimpin serta tumbuh jiwa tolong-menolong dalam jiwa mereka,” kata Abuneil beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, kurikulum pendidikan yang dikembangkan di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah merupakan kurikulum integral yang terdiri dari tiga komponen pendidikan yang sekaligus menjadi karakteristik khas, yakni aspek ruhiyah, aqliyah dan jasmaniyah.

“Yang mana dari ketiga komponen tersebut isi kurikulumnya terdiri dari ilmu agama, ilmu umum dan ilmu keterampilan,” terang Abuneil.

Dia menjelaskan, sesuai dengan visi dan misi lembaga pendidikan Hidayatullah untuk menyelenggarakan pendidikan Islam secara integral dalam aspek ruhiyah (rohani), aqliyah (akal), dan jismaniyah (fisik), sehingga dapat melahirkan insan yang salah satunya berupaya untuk melanjutkan, menumbuh kembangkan, khazanah (pembendaharaan) ilmu pengetahuan dan teknologi umat manusia, khususnya umat Islam, dan untuk membangun peradaban Islam di muka bumi pada umumnya.

“Atas dasar inilah kemudian kerja bakti di lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah merupakan suatu kultur yang wajib untuk dilaksanakan, tidak hanya bagi santri tapi bagi seluruh aktifis Hidayatullah secara umum,” ujar ustadz asli Mentawai itu.

Kegiatan kerja bakti ini diikuti oleh seluruh santri beserta warga Ponpes Hidayatullah Bandung. Kerja bakti dimulai pukul 16.00 wib sampai dengan 17.00 wib, dilanjutkan dengan bersih diri. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.