Hidayatullah Banjarnegara Teguhkan Dakwah Rekatkan Ukhuwah

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

BANJARNEGARA (Hidayatullah.or.id) – Sudah merupakan tradisi petugas dai Hidayatullah yang diamanahkan untuk berdakwah atau merintis suatu cabang, selalu yang utama harus dilakukan selain menajamkan spiritual dengan intensitas ibadah kepada Allah SWT, adalah menggalakkan silaturrahim.

Demikianlah pula yang dilakukan oleh kader Hidayatullah, Salman Al Farisi (39), kala mengemban amanah tugas dakwah kali pertama di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Saban waktu bersilaturrahim dengan masyarakat, Salman mengenalkan diri sebagai santri yang sedang ditugaskan membuka dan akan membangun Pesantren Hidayatullah di kota itu.

“Saya sejak awal perlangkahan setiba di Banjarnegara, sudah punya cita-cita lahan yang diamanahkan ini sedari awal harus dikenal sebagai pesantren,” kata Salman disela-sela waktu istirahat saat mengikuti Rakorwil Pendidikan Hidayatullah se-Jateng di Purwodadi belum lama ini.

Langkah Salman disambut baik masyarakat. Silaturrahim yang dilakukan selama ini ke berbagai pihak baik termasuk pemerintah membuahkan hasil yang menggembirakan.

Dengan niatan tulus untuk meneguhkan dakwah semata serta menjadi perekat ukhuwah dan agen kohesi sosial di masyarakat, kini Salman mengelola sebuah lingkungan pendidikan integral anak usia dini.

Kini ia telah mendirikan pendidikan formal Pendidikan Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Banjarnegara.

“Dakwah dan tarbiyah adalah mainstream Hidayatullah yang mendasarkan gerakannya pada upaya pembangunan jiwa, meninggikan adab dan akhlak, serta merekatkan ukhuwah umat,” kata Salman.

Dalam mengemban amanah sebagai dai yang sesungguhnya merupakan tugas setiap muslim, Salman meyakini bahwa mengurus agama ini adalah jalan kebahagiaan kendatipun tak lepas dari berbagai cobaan yang memang merupakan bianglala kehidupan.

“Saya yakin, siapa yang menolong agama Allah, pasti dan yakin akan ditolong, kalau ada ‘ujian’ itu semata-mata Allah sedang menguji kita untuk membuktikan kita ini benar-benar mau berjuang atau bagaimana,” kata suami Rina Kurniawati ini penuh semangat.

Saat ini Salman mengembangan amanah dakwah ini dibersamai dengan partnernya Imam Suja’i dan istri. Pengabdian keummatan telah menjadi pilihan hidup keduanya. Semoga berkah.*/ Yusran Yauma

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.