Hidayatullah Yogyakarta Gelar Pelatihan Pengasuhan Ponpes

YOGYAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Upaya meningkatkan kemampuan para pengasuh asrama pondok pesantren menjadi perhatian Hidayatullah yang juga memiliki ratusan jaringan pondok pesantren se-Indonesia.

Untuk itu, bekerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah Yogyakarta, PT Riung Mitra Lestari dan Ummi Foundation, Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta mengadakan pelatihan pengasuh asrama pondok pesantren.

Kegiatan berlangsung Selasa-Rabu (24–25/4) di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta.

“Pelatihan ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan para pengasuh asrama pondok pesantren, juga menstandarkan metode kepengasuhan,” kata pemateri dari Griya Parenting, Ustaz Miftahul Jinan.

Dengan mengambil tema ‘Membangun Asrama Rapi dan Nyaman’, pelatihan ini merupakan pelatihan pertama yang diadakan di Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta.

Kegiatan diikuti lebih dari 50 peserta yang berasal dari enam kota di sekitar Yogyakarta. Meliputi Surakarta, Sukoharjo, Magelang, Kebumen, Cilacap, dan Yogyakarta.

“Insya Allah pelatihan ini akan diselenggarakan kembali pada jenjang level berikutnya. Agar keterampilan dan keilmuan dari para pengasuh pesantren dalam hal mengelola asrama menjadi lebih baik,” jelas Ustaz Arif, tim dari Griya Parenting.

Diharapkan, lanjut dia, setelah selesai dari pelatihan ini para pengasuh bisa mengaplikasikan ilmunya di tempat tugas masing-masing. Demikian juga mampu mengantarkan para santrinya bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, dan kenyamanan asrama.

“Para pengasuh mempunyai modal untuk mendampingi para santri bertangungjawab dan mampu membuat aturan-aturan dan prosedur keasramaan,” katanya.

Sementara itu, Ketua BMH Yogyakarta, CH Rohman, bersyukur kegiatan pelatihan tersebut dapat berjalan dengan baik. “Semoga ilmu yang didapat, menjadi bermanfaat dan dapat diterapkan di pesantren masing-masing,” ujarnya. (bcv/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.