Upgrading Dai, Utama Memberi Teladan Sebelum Berdakwah

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SLEMAN (Hidayatullah.or.id) – Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Ust Nashirul Haq, MA, berkesempatan hadir dan menyampaikan pengarahan dalam acara Upgrading Dai dan Pelantikan pengurus Posdai Wilayah DIY-Jatengbagsel yang digelar di di Kampus Pesantren Hidayatullah Sleman Yogyakarta, Sabtu, 12 Sya’ban 1439 H (28/042018).

Dalam sambutannya Ust Nashirul membahas keutamaan dakwah dalam rangka mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan umat. Beliau menekankan, dakwah merupakan seruan kepada jalan keselamatan dan kebahagiaan dunia akhirat.

Karena itu, terangnya, dai sebagai penyeru kepada jalan kebaikan dan tegaknya peradaban yang meninggikan martabat manusia, harus mengaktualisasi gerakan dakwah yang juga empatik.

Ketum DPP juga menyampaikan beberapa kaidah dakwah yg harus menjadi pegangan para dai , sala satunya memegang teguh prinsip al qudwah qabla ad da’wah (memberi keteladanan sebelum menyampaikan dakwah).

“Setiap dai harus memberi keteladanan sebelum menyampaikan dakwah,” pesannya.

Lebih jauh beliau mengemukakan bahwa setiap dai adalah pelajar yang karenanya harus selalu menjaga tradisi menuntut ilmu dan tak berpuas diri dengan pengetahuan yang dimiliki terlebih terhadap pemahaman dakwah.

“Para dai harus memiliki pemahaman terkait tiga hal yaitu konten dakwah, kondisi objek dakwah dan manhaj dakwah,” pesannya.

Pada kesempatan itu Ketum DPP Hidayatullah sekaligus menjadi pemateri upgrading dengan tema konsep berjamaah dan rahasia sukses gerakan dakwah.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah DIY-Jatengbagsel, Ust Syakir Syafi’i, dalam sambutannya mengatakan acara yang digelar pihaknya ini untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dai dalam rangka pengembangan dakwah di masyarakat.

“Upgrading dai ini dalam rangka meningkatkan kualitas para dai secara keilmuan dan spirit,” katanya.

Di kesempatan acara yang sama, dilakukan pelantikan pengurus Posdai DIY-Jatengbagsel oleh Ketua Posdai Pusat Ust Ahmad Suhail sekaligus membawakan materi tentang sistem dan program Posdai. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.