“Ahlus Sunnah wal Jamaah sebagai Jatidiri Hidayatullah”

DENPASAR (Hidayatullah.or.id) – Hidayatullah sebagai salah satu organisasi Islam senantiasa istiqamah berpegang teguh pada al Qur’an dan Sunnah berdasarkan pemahaman Ahlus Sunnah wal Jamaah serta konsisten mengikuti Manhaj Nabawi dalam gerakan tarbiyah dan dakwah.

Demikian disampaikan Ketua Umum DPP Hidayatullah KH Nashirul Haq, ketika menyampaikan arahan sekaligus pemateri dalam acara Daurah Marhalah Wustha yang diselenggarakan DPW Hidayatullah Bali di Kota Denpasar beberapa waktu lalu.

Beliau mengatakan bahwa Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah sebagai salah satu jatidiri Hidayatullah.

“Hidayatullah berasaskan al Qur’an dan Sunnah menurut pemahaman Ahlus Sunnah wal Jamaah, mengikuti manhaj nabawi dengan pola dasar Sistematika Wahyu,” ujanya mengutip pembukaan PDO Hidayatullah.

Beliau menjelaskan, dari berbagai definisi yang dikemukakan ulama, dapat disimpulkan bahwa Ahlus Sunnah wal Jamah artinya orang yang berpegang teguh kepada ajaran Rasulullah dan para sahabat serta menjaga persatuan dalam kebenaran.

“Ahlus Sunnah wal Jamaah merupakan ajaran sehingga tidak bisa diklaim oleh organisasi atau lembaga tertentu. Siapa saja yang konsisten dengan ajaran Islam yang murni sesuai tuntunan Rasulullah dan para sahabatnya, maka ia tergolong Ahlus Sunnah,” terangnya.

Lebih jauh ia mengemukakan bahwa penamaan Ahlus Sunnah wal Jamaah dibutuhkan di tengah banyaknya golongan yang mengaku Islam namun ajarannya menyimpang dari ajaran Rasulullah dan para sahabat.

“Jadi istilah ini digunakan untuk membedakan golongan yang berpegang teguh pada kebenaran dengan golongan yang menyimpang dari ajaran Islam,” imbuhnya.

Daurah Marhalah Wustha yang digelar pada 3-5 Mei 2018 ini dibuka oleh Ketua Dewan Mudzakarah Hidayatullah Ust. Ir. H. Abu A’la Abdullah, MH.I yang sekaligus menjadi nara sumber untuk materi Khittah, dan Visi Misi Organisasi.

Daurah yang diikuti oleh 35 kader dari DPW Bali dan NTB ini juga menghadirkan narasumber lainnya diantaranya Ketua DM Ust. Ir. H. Abu A’la Abdullah, Ust. Ir. H. Hanifullah (Ketua Majelis Murobbi DM), dan Ketua Departemen Pengkaderan DPP Hiudayatullah Ust Muhammad Sholeh Usman. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.