Ponpes Hidayatullah Merauke Terus Tingkatkan Mutu

MERAUKE (Hidayatullah.or.id) – Ketua Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatullah Merauke, Ust. Hasanuddin mengatakan dengan terbitnya SK pendirian atau SK izin operasional MI Integral Al-Hikmah Hidayatullah akan menambah motivasi dan dorongan pihaknya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan.

“Saya baru bertugas selama satu bulan sehingga saya meminta adanya dukungan, bimbingan dan arahan agar keberadaan Ponpes Hidayatullah dapat memberikan manfaat lebih bermanfaat,” ujarnya di Ponpes Hidayatullah Merauke belum lama ini.

Ia meminta agar Kemenag Kabupaten Merauke selaku pembina, para guru, orang tua untuk sama-sama memajukan sekolah ini. Selain itu, tahun ini juga merupakan tahun pertama bagi MI Integral Al-Hikmah Hidayatullah melakukan ujian sehingga diharapkan para siswa dapat lulus seratus persen sesuai dengan harapan orang tua, guru dan pihak yayasan.

Kasipendis Kementerian Agama Kabupaten Merauke, Nurjana Rentua, S.Pd.I mengatakan dengan terbitnya SK izin operasional, pendidikan yang ada di madrasah lebih ditingkatkan. Ia juga meminta agar orang tua murid untuk tidak hawatir menyekolahkan anaknya di MI Integral Al-Hikmah Hidayatullah.

“Saya mengucapkan selamat atas usaha selama ini para pengurus maupun para guru, sehingga SK ijin operasional sudah dapat diterbitkan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Merauke, Gabriel Rettobyaan, S.Ag memberikan secara langsung SK Ijin Operasionl MI Integral Hidayatullah Al-Hikmah Hidayatullah kepada Kepala MI Integral Hidayatullah Al-Hikmah Hidayatullah, Abdul Asis dan disaksikan sertan didampingi langsung oleh Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah. Penyerahan SK juga disaksikan para wali murid dan guru.

Dalam sambutannya, Gabriel Rettobyaan mengatakan kualitas mutu pendidikan bergantung kepada sekolah untuk bagaimana mengelola pembelajaran secara efektif.

Kemudian, komunikasi dengan satuan pendidikan, Kementerian Agama, pimpinan pondok maupun para guru sehingga mutu pendidikan di satuan pendidikan dapat terus ditingkatkan.

“Sekarang ini, para orang tua yang menyekolahkan anaknya di satuan pendidikan melihat dari mutu pendidikan sekolah tersebut dan sistim pembinaan yang benar dilakukan dengan maksimal, sehingga orang tua tidak ragu,” ujar Gabriel di Ponpes Hidayatullah saat pemberian ijin operasional MI Integral Al-Hikma Hidayatullah, belum lama ini.

Gabriel menjelaskan, peningkatan mutu pendidikan dipengaruhi oleh beberapa faktor mulai dari peningkatan kualitas guru, peningkatan materi, peningkatan sarana dan prasarana, serta peningkatan kualitas belajar. Untuk itu, perlu adanya komunikasi dengan sekolah lain untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Bagi satuan pendidikan yang masih kekurangan guru, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke untuk menyuplai tenaga guru terutama pada madrasah yang masih kekurangan tenaga guru.

“Saya bangga dengan madrasah yang ada di Merauke, karena sudah mengharumkan nama Kabupaten Merauke dalam beberapa event baik tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Karena itu, kita juga akan memberikan perhatian yang serius,” pungkasnya. (ppc/hio)

 

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.