Sosialisasi Wasbang di Kampus Pesantren Hidayatullah Kinilow

Sosialisasi wawasan kebangsaan pada kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa bertempat di Pondok Pesantren Hidayatullah Kinilow, Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (23/5/2018). /TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI

MINAHASA – Bertepatan dengan momentum Ramadhan dan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110, Pondok Pesantren Hidayatullah Kinilow, Minahasa, Sulawesi Utara, menjadi tuan rumah sosialisasi wawasan kebangsaan (wasbang) bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon.

Sosialisasi wawasan kebangsaan itu digelar pada kegiatan peningkatan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai luhur budaya bangsa bertempat di Pondok Pesantren Hidayatullah Kinilow, Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (23/5/2018) kemarin.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Tomohon Drs O D S Mandagi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami ancaman disintegrasi bangsa.

Menurut Walikota, kurangnya pemahaman masyarakat akan wawasan kebangsaan menjadi salah satu penyebab utama munculnya ancaman disintegrasi yang terjadi.

“Sehingga menjaga kelestarian serta integrasi bangsa melalui semangat jiwa persatuan dan kesatuan, merupakan kebutuhan mutlak dan sekaligus menjadi tantangan yang harus dihadapi,” kata Walikota dalam sambutan tertutulisnya.

“Melalui kegiatan in diharapkan bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi segala bentuk gejolak yang akan terjadi, sebagai upaya kita mengantisipasi berbagai potensi kemungkinan terjadinya konflik, baik yang bernuansa SARA maupun politik demi mencapai tujuan yang diharapkan,” ujarnya.

Oleh karena itu, pesan Walikota, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak terkait, yang dilakukan dengan semangat kebersamaan, kesatuan dan disadari atas rasa saling peduli terhadap sesama.

Turut hadir, sebagai narasumber Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama, Kapolres Tomohon diwakili Wakapolres Tomohon Kompol Joice Wowor, Kajari Tomohon diwakili Kasi Datun Windu Sugiarto SH MH, Kaban Kesbangpol Theodorus J P Paat SIP, Camat Tomohon Utara Vonnie F Montolalu SPd, serta para lurah se Kecamatan Tomohon Utara dan sebagai peserta para siswa/I, guru dan kepala sekolah. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.