Direktur Pengembangan Sosbud Transmigrasi Kemendesa PDT Kunjungi Ponpes Hidayatullah Kobi

SERAM UTARA – Direktur Pengembangan Sosial Budaya Transmigrasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Hj Dra. Dewi Yuliani,MP, melakukan kunjungan ke kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi, Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (11/7/2018).

Dirjen Yuliani didampingi oleh H.M Haryono Hadijaya selaku Kasubdit Fasilitasi Mental Spiritual dan Seni Budaya Kemendesa dan Pijiono, selaku Kasubdit Fasilitasi Pendidikan Kemendesa.

Rombongan tersebut turut dibersamai oleh Kadepsos DPP Hidayatullah Mohammad Arasy sekaligus Ketua Lembaga SAI (Sahabat Anak Indonesia) yang merupakan lembaga sosial di bawah Departemen Sosial DPP Hidayatullah.

Kunjungan tersebut dilakukan disela program monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan kegiatan 2018 di Kawasan Terpadu Mandiri Kobisonta Kecamatan Seram Utara Timur Kobi Kabupaten Maluku Tengah yang merupakan program kerjasama antara Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat aktivitas yang sudah dilakukan Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi dalam mengelola kegiatan belajar mengajar di Kota Terpadu Mandiri (KTM) serta memberikan dukungan kegiatan pendidikan yang akan dilakukan kedepan untuk bersama-sama menyukseskan salah satu program transmigrasi di kawasan Transmigrasi.

Rombongan tersebut berangkat dari Jakarta menuju Ambon pada tanggal 9 Juli 2018 dan sampai di lokasi KTM pada tanggal 11 Juli 2018 sekitar pukul 02:00 dini hari.

Kepada Dirjen dan rombongannya, pengasuh Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi Ust Hasnan Hanif melaporkan perkembangan pesantrennya.

“Alhamdulillah keberadaan Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi yang telah membuka pendidikan formal setingkat SMP sangat diapresiasi masyarakat sekitar. Hal ini terbukti dengan silaturahmi dan sosialisasi kepada masyarakat yang hanya dilakukan dalam waktu 4 bulan mampu mendatangkan para santri dari penjuru daerah Maluku,” terang Ust Hasnan Hanif.

Hasnan menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi juga memberikan pembinaan kepada para muallaf dan memberikan bimbingan agama kepada masyarakat transmigrasi dan sekitarnya.

Pada kesempatan tersebut Dewi Yuliani sempat menginfakkan sejumlah uang untuk para santri SMP Tahfidz An-Najaah Hidayatullah Kobi. “Alhamdulillah kami senantiasa mendoakan kebaikan untuk beliau.” tambah Ustadz Hasnan.

Sementara itu, Kadepsos DPP Hidayatullah Mohammad Arasy mengatakan, selain pengembangan dakwah dan pendidikan, Hidayatullah terus melakukan pengembangan bidang sosial yang diantaranya dengan terbentuknya lembaga Sahabat Anak Indonesia (SAI) yang diharapkan mewadahi panti-panti asuhan Hidayatullah seluruh Indonesia.

Hingga saat ini SAI terus meningkatkan mutu dengan penguatan kepengasuhan peserta didik khususnya dari kalangan dhuafa yang turut dijiwai oleh semangat pengambangan sosial budaya masyarakat.

“Alhamdulillah, jalinan sinergi dengan pemerintah khususnya dengan Kemendesa PDT diharapkan semakin mengukuhkan peran Hidayatullah secara umum dalam rangka membangun sumber daya manusia Indonesia yang berbudaya dan bermartabat mulia sejalan dengan nilai-nilai luhur agama,” kata Arasy. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.