Menyambut Helatan Akbar Silatnas Hidayatullah 2018

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Ormas Hidayatullah akan menggelar Silaturahim Nasional (Silatnas) 2018 pada 20-25 November mendatang. Wakil Presiden Jusuf Kalla (Wapres JK) menyatakan kesiapannya membuka perhelatan akbar yang digelar setiap lima tahun sekali tersebut.

Menyambut Silatnas ke-3 ini, berbagai persiapan terus dilakukan, baik oleh panitia di kampus pusat Hidayatullah di Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, sebagai tuan rumah, maupun para kader ormas tersebut yang tersebar di berbagai daerah se-Indonesia.

Pantauan Hidayatullah.or.id di Gunung Tembak, hingga Senin (05/11/2018) jamaah, santri, warga, ustadz, mahasiswa, dan berbagai kalangan turut berpartisipasi dalam menyambut perhelatan lima tahun sekali itu.

Terkhusus persiapan fisik, kampus pesantren seluas 130 hektare lebih tersebut terus berbenah. Berbagai fasilitas diadakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta Silatnas. Diperkirakan 10.000 warga Hidayatullah yang akan menghadiri acara ini.

Selain Silatnas, di kampus Hidayatullah Gunung Tembak juga akan digelar dua agenda besar lainnya dalam waktu berdekatan pada bulan ini. Yaitu pernikahan mubarakah yang direncanakan diikuti sekitar 50 pasang santri pada 11 November 2018 dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 20-21 November.

Selama ini, setiap hari Ahad, warga Gunung Tembak punya tradisi bekerja bakti, bergotong royong dalam pembangunan kampus Hidayatullah. Jelang Silatnas Hidayatullah, kerja bakti dilakukan setiap hari.

Baik anak maupun orang tua, semua mengerahkan segenap kemampuan dan sumbangsihnya dalam mempercantik kampus. Semua itu dilakukan demi menyambut para tamu Silatnas.

Ribuan jamaah pesantren itu dibagi dalam beberapa kelompok, yang disebut Halaqah –sekaligus kelompok taklim di Masjid Ar-Riyadh. Masing-masing kelompok/halaqah punya tugas dalam melayani para tamu Silatnas, juga dalam mempercantik kampus Hidayatullah Gunung Tembak. Misalnya dengan membuat gazebo dengan model dan gaya masing-masing.

Tak ketinggalan, alat berat dikerahkan memberesi sisa-sisa pekerjaan di pesantren. Silatnas Hidayatullah mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk pemerintah daerah, para tokoh ormas, politik, lembaga Islam dan sosial, serta warga masyarakat.

“Bapak Wapres menyatakan kesiapannya untuk membuka Silatnas dan beliau menyebut untuk yang ketiga kalinya hadir di Kampus Gunung Tembak,” kata Ketua Steering Committee (SC) Silatnas III Hidayatullah Tasmin Latif usai diterima Wakil Presiden di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (25/10/2018) lalu.

Silatnas III Hidayatullah ini mengusung tema “45 Tahun Hidayatullah Berkhidmat untuk NKRI Bermartabat”.

“Bapak Wapres mengapresiasi tema Silatnas sebagai bentuk komitmen Hidayatullah dalam membangun negeri. Beliau memuji Hidayatullah merupakan ormas yang cepat perkembangannya di Indonesia. Dan memberi perioritas dakwah di daerah pedalaman termasuk hampir semua kabupaten di Papua sudah berdiri Hidayatullah,” kata Tasmin.*/Skr

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.