Sesepuh Hidayatullah Kendari KH Abdullah Umar Thafky Tutup Usia

KENDARI (Hidayatullah.or.id) – Sesepuh Hidayatullah yang juga Imam Masjid Raya Al Kautsar Kendari KH Abdullah Umar Thafky tutup usia, Jumat (16/11) pukul 00.30 Wita dalam usia 69 tahun di Kendari, akibat serangan jantung.

Almarhum yang lahir di Pinrang, 29 September 1949, Provinsi Sulawesi Selatan, meninggalkan tiga orang anak dan lima orang cucu.

Menurut istri almarhum Hj Maimunah, sebelumnya sempat dirawat selama dua hari di Rumah Sakit Kota Kendari.

“Keluarga mohon dimaafkan semua kesalahan pak kiai selama menjadi imam mesjid,” ungkap Hj Maimunah yang duduk di sisi jenazah kepada para pelayat yang datang memberikan doa dengan wajah sedih.

Sejak pagi para pelayat mulai berdatangan di rumah duka Jalan Balai Kota Kendari, utamanya dari kalangan jemaah mesjid terbesar di Sultra itu.

Turut melayat Plt Wali Kota Kendari Zulkarnain Kadir, Kabag Humas Provinsi Sultra Kusnadi dan beberapa pejabat penting di lingkup Kota Kendari dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara.

Almarhum yang akrab disapa Kiai Abdullah Umar, sejak kurun tahun 2013 sudah jarang memimpin salat di masjid Agung Al Kautsar akibat sakit stroke.

“Kurang lebih tujuh tahun tidak aktif di mesjid memimpin salat. Tapi beliau tetap menyempatkan menjadi imam saat bulan ramadhan tiba utamanya pada hari pertama ramadhan,” ungkap H Wahid salah seorang pengurus masjid Agung Al Kautsar.

Almarhum merupakan pensiunan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Menjadi Imam Besar Masjid Agung Al Kautsar Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara selama 27 tahun sebelum sakit stroke mulai menggerogoti beberapa organ tubuh almarmum sehingga kadang tatkala memimpin salat almarhum duduk di kursi.

Almarhum yang merupakan anggota penasehat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sultra ini juga tercatat sebagai Hakim MTQ/STQ Nasional. Almarhum juga merupakan Ketua Tanfiziyah 2 Periode Pengurus Wilayah NU Provinsi Sultra. Semasa hidupnya pernah jadi santri dan mengajar di Pondok Pesantren Hidayatullah Kalimantan Timur Balikpapan dan Pondok Pesantren Hidayatullah Kendari. (alp/rs)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.