Pernyataan Sikap Hidayatullah tentang Kekerasan Terhadap Muslim Uighur

Pernyataan Sikap
Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah

Bismillahi Rahmani Rahim.

Alhamdulillah, washalatu wassalamu ‘ala Rasulillah, wa ‘ala aalihi wa shahbihi ajma’in. Amma ba’du

Peristiwa penahanan sekitar satu juta Muslim Uighur di kamp-kamp interniran di Daerah Otonomi Uighur, Propinsi Xinjiang, menorehkan luka mendalam di tubuh kaum Muslim di seluruh dunia. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa kaum Muslim, di mana pun berada, bagaikan satu tubuh. Jika yang satu sakit maka yang lain ikut merasakan sakit (Riwayat Muslim).

Terlebih lagi, sejumlah media di dalam dan di luar negeri mengabarkan dugaan kuat adanya penyiksaan di kamp-kamp penahanan tersebut. Jika ini benar maka Pemerintah China bertanggung jawab atas tragedi tersebut. Apa pun dalihnya, ini tak dibenarkan.

Sehubungan dengan itu maka kami, Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah, menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam atas tragedi kemanusiaan tersebut. Kami mendesak kepada pemerintah Indonesia agar segera melakukan upaya-upaya diplomatik kepada pemerintah China agar tragedi tersebut segera dihentikan.

Kepada kaum Muslim di mana pun berada, kami menyerukan agar ikut memberikan kepedulian atas tragedi ini, baik dengan cara turut mendesak berbagai pihak yang memiliki kewenangan langsung atau tidak langsung untuk menghentikan tragedi ini, maupun lewat aksi penggalangan bantuan untuk meringankan beban penderitaan saudara kita di Uighur.

Hidayatullah sendiri, melalui Baitul Mal Hidayatullah, telah melakukan penggalangan dana untuk disalurkan kepada kaum Muslim yang terzalimi di Propinsi Xinjiang tersebut. Selain itu, Hidayatullah akan terus mengikuti secara seksama peristiwa ini dan akan ikut serta bersama berbagai kompenen bangsa untuk menyuarakan desakan agar tragedi kemanusiaan ini segera diakhiri.

Terakahir, mari kita doakan saudara kita kaum Muslim di Uighur agar segera terlepas dari kezaliman ini. Kita doakan pula agar mereka tetap istiqomah dalam Islam, dan semoga Allah Ta’ala angkat derajat mereka yang mampu bersabar dalam menghadapi cobaan berat ini. Aamiin.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat

Jakarta, 20 Desember 2018

Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah

Dr. Nashirul Haq
Ketua Umum

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.