HMF Inisiasi Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro Syariah

KARANGANYAR (Hidayatullah.or.id) — Hidayatullah Micro Finance (HMF) menginisiasi lahirnya Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro Syariah (YPKMS). Gagasan itu muncul dalam rapat pleno HMF yang digelar di Menara Qur’an Hidayatullah Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis.

Rapat pleno itu diikuti oleh seluruh pengurus HMF. Hadir pula utusan dari DPP Hidayatullah, yakni Asih Subagyo (Kabid Perekonomian) dan Ruhyadi (Kadep Koperasi dan Kewirausahaan).

HMF adalah lembaga yang berkonsentrasi untuk menumbuhkembangkan ekonomi syariah di Indonesia.

“Sebagai bentuk komitmen riil dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia, insya Allah dalam waktu dekat HMF akan menginisiasi berdirinya Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro Syariah (YPKMS),” kata Asih Subagyo dalam sambutannya membuka Rapat Pleno.

Ia menambahkan, YPKMS bertujuan sebagai lembaga diklat dan pendampingan guna mencetak tenaga-tenaga profesional atau sumber daya insane (SDI) syariah yang akan ditempatkan di lembaga-lembaga keuangan mikro syariah (LKMS) seperti koperasi syariah, BMT, BTH dan lain-lain.

“Selain itu, YPKMS dalam hal pendampingan LKMS akan melakukan standarisasi SOP, program kerja, dan lain sebagainya,” tambah Asih yang juga CEO PT HG dan Owner PT Totalindo Rekayasa Telematika.

Sementara Ruhyadi mengemukakan, YPKMS diharapkan bisa membantu sertifikasi profesi lembaga keuangan mikro syariah.

“Sehingga, diharapkan tenaga-tenaga penggerak dan pelaku ekonomi nanti memiliki kredibilitas dan kompetensi yang tinggi,” ujarnya.

Di akhir rapat, Ketua HMF, Saiful Anwar, mengemukakan, tahun 2019 HMF akan mengadakan empat kali diklat. Diklat tersebut mencakup Diklat BTH Reguler, serta Diklat Khusus PTH dan Mahasiswa.

Diklat Reguler akan diselenggarakan di Bandung, Bali, Makasar, dan Jakarta.

“Sedangkan Diklat Khusus PTH dan Mahasiswa insya Allah akan diselenggarakan di STIE Hidayatullah Depok,” kata Saiful Awar.*/Abu Corry

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.