Seruan Hidayatullah Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H

Ketua Umum DPP Hidayatullah Ust Nashirul Haq, MA / Foto: Abu Ilmia

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Alhamdulillah, dalam beberapa hari lagi insya Allah kita akan kembali berjumpa dengan bulan mulia, syahrun mubarak, Ramadhan 1440 H. Tanpa terasa waktu setahun telah kita jalani, semoga perjalanan setahun terakhir tersebut benar-benar meningkatkan kualitas hidup kita dalam segala bentuknya.

Dalam rangka menadah limpahan keberkahan bulan Ramadhan, Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah menerbitkan seruan Ramadhan sebagai penekanan kembali dari seruan-seruan serupa yang telah pernah diterbitkan, untuk memaksimalkan bulan suci Ramadhan agar kita secara bersama-sama dapat meraih lebih banyak barakah, meningkatkan amal shalih, dan memberikan lebih banyak manfaat.

“Kesuksesan dalam meraih potensi Ramadhan adalah kepentingan kita bersama, oleh karena itu, Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah menghimbau kepada seluruh jajaran di Wilayah, Daerah, maupun Cabang untuk meningkatkan komunikasi, silaturrahim, dan koordinasi dengan jajaran di atasnya. Mari kita manfaatkan Ramadhan ini dengan sebaik baiknya agar kita memperoleh kekuatan spiritual yang dapat kita jadikan sebagai modal untuk berjuang di jalan-Nya,” Ketua Umum DPP Hidayatullah, Dr KH Nashirul Haq, dikutip dari lembar seruan Ramadhan 1440 DPP Hidayatullah, Senin (22/4/2019).

Beliau mengatakan, Ramadhan adalah saat untuk berlatih dan membuktikan diri bahwa kita mampu menahan diri dari segala perbuatan yang sia-sia, apalagi yang menimbulkan dosa.

Di bulan Ramadhan, lanjutnya, kita memiliki kemerdekaan dan kedaulatan penuh untuk memutuskan sesuatu, karena pengaruh syaitan telah sangat dikurangi, dan karena itulah manusia dapat membuktikan bahwa dirinya bukanlah golongan syaitan yang suka melakukan kejahatan.

Pada sisi yang lain, Ramadhan juga memiliki dimensi materi (maliyah), di mana kaum muslimin biasa menunaikan kewajiban membersihkan hartanya dalam tahun berjalan. Realitasnya, jumlah harta zakat, infaq, maupun shadaqah yang dikeluarkan pada bulan Ramadhan lebih besar dibanding jumlah dana sejenis pada 11 bulan lainnya.

“Ummat Islam, khususnya di Indonesia, dapat memenuhi perintah agamanya untuk membuat kaum miskin bergembira, selama bulan Ramadhan dan seterusnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, seruan Ramadhan DPP Hidayatullah mencakup dimensi tersebut, yang sama-sama perlu dicermati dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Hidayatullah sesuai tingkatannya masing-masing yakni persiapan diri menghadapi Ramadhan dan upaya pencapaian target Ramadhan.

“Mari kita manfaatkan Ramadhan ini dengan sebaik baiknya agar kita memperoleh kekuatan spiritual yang dapat kita jadikan sebagai modal untuk berjuang di jalan-Nya. Akhirnya, kepada Allah SWT jualah kita memohon, agar kiranya dimudahkan dalam segala upaya, dan diterima amal kita sebagai bagian dari perjuangan membangun peradaban Islam,” pungkasnya.(ybh/hio)

DOWNLOAD SERUAN RAMADHAN 1440 H DPP HIDAYATULLAH

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.