Haluan Silaturrahim ke Kampus Hidayatullah Gunung Tembak

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Perkumpulan masyarakat Islam Malaysia, Pertubuhan Himpunan Lepasan Institusi Pendidikan (HALUAN), melakukan kunjungan silaturrahim ke Kampus Induk Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, Jum’at (26/4/2019).

Selain diterima dengan hangat oleh dan pembina dan pengurus pesantren, rombongan lawatan dari Haluan turut diterima oleh Ketua Umum DPP Hidayatullah KH Dr Nashirul Haq.

Dr Abdullah Sudin sebagai presiden Haluan dengan merendah mengatakan bahwa tujuan utama kedatangannya adalah untuk silaturrahim dan kedua, untuk berguru kepada “abang” Hidayatullah. Karena, menurutnya, organisasi dakwah Hidayatullah lebih dulu berdiri.

Sebagai adik yang baik, maka kami belajar kepada kakak kami,” kata Dr Abdullah Sudin yang datang ke Balikpapan dibersamai Wakil Presiden Haluan, Prof. Emeritus Abu Azzam Mohd Yasin beserta jajaran pengurus inti lainnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Haluan, Prof. Emeritus Abu Azzam Mohd Yasin, dalam kesempatan temu bual dengan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan, pakar Petroleum yang diakui dunia internasional ini berkesempatan berbagi ilmu dan wawasan soal geopolitik.

Secara terang benderang, di hadapan puluhan mahasiswa STIS Hidayatullah, ia lalu didaulat menjelaskan daripada hegemoni neo-komunisme dan dominasi neo-kapitalisme.

Selain soal paparan mendalam terkait tema, berulang kali Prof. Abu Azzam juga mengingatkan soal keutamaan ilmu dan mengamalkannya. Bahwa Islam adalah sistem hidup yang mencakup semua aspek kehidupan.

“Tauhid itu bukan cuma aqidah saja. Tapi juga tauhid syakhsiyah. Yakni menzhahirkan Islam mulai dari cara berpikir hingga daripada pola bertindak. Semuanya harus berasas ajaran Islam,” jelas Prof Abu Azzam dengan semangat.

Dalam silaturrahim tersebut juga dilakukan taaruf dan pertukaran informasi seputar dakwah, pendidika dan gerakan sosial kemasyarakatan yang kebetulan sama-sama menjadi concern kedua lembaga.

Pada kesempatan itu juga diadakan diskusi terkait visi misi ormas Hidayatullah, kurikulum pengkaderan Hidayatullah, kepemudaan dan dipungkasi dengan kegiatan rihlah keliling kampus Pusat Gunung Tembak dan Gunung Binjai.

Sekedar diketahui, di akhir tahun 2011, nama HALUAN telah didaftarkan sebagai organisasi lembaga swadaya nasional di Malaysia. HALUAN memiliki kredo gerakan ”berakhlak, mendidik dan berbakti” yang termasuk terdepan dalam gerakan keswadayaan. Diantara yang selama ini ditahui adalah komitmennya dalam membantu rakyat Palestina.

Aktifitas HALUAN lainnya adalah membantu pemerintah/ kerajaan di kawasan dalam menangani masalah sosio-ekonomi terutama dalam aspek pembinaan keluarga, penyelesaian konflik keluarga dan remaja, konsultasi keluarga tunggal, miskin dan anak yatim. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.