BMH Terima Dua Anugerah Terbaik Baznas Award 2019

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Dedikasi keummatan dan kebangsaan terus ditunjukkan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) yang ditandai dengan apresiasi yang diterima lembaga amil zakat nasional ini. Kali ini Laznas BMH yang mendapatkan dua sekaligus anugerah penghargaan dari Baznas Award 2019.

Kedua Anugerah Baznas Award 2019 diterima Laznas BMH tersebut, pertama, sebagai Laznas dengan Pendistribusian ZIS terbaik. Dan, Kedua, penghargaan dalam kategori Laznas dengan Kelembagaan Terbaik.

Pengumuman dan penyerahan anugerah ini disampaikan oleh Ketua BAZNAS Prof Dr Bambang Sudibyo MBA, CA dalam gelaran Baznas Award 2019 yang diselenggarakan Baznas di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kemenag RI, Jl. MH Thamrin, Jakarta, Senin (26/8/2019) malam.

Wakil Direktur Utama Laznas BMH, Firman ZA, mengatakan anugerah tersebut menjadi dorongan motivasi bagi BMH untuk terus meningkatkan mutu, kualitas dan profesionalisme BMH dalam mengembangkan kebermanfaatan.

“Alhamdulillah, Laznas BMH kembali mendapatkan motivasi dan spirit dari masyarakat, termasuk pemerintah dalam hal ini Baznas dengan dua raihan penghargaan,” kata Wakil Direktur Utama Laznas BMH Firman ZA dalam keterangannya diterima media ini, Selasa (27/08/2019).

Firman mengatakan lebih lanjut bahwa sesungguhnya raihan dua anugerah Baznas Award 2019 yang diperoleh Laznas BMH merupakan wujud nyata antusiasme umat di dalam memajukan bangsa dan negara melalui zakat.

“Kami sangat bahagia dan bersyukur atas anugerah yang diberikan oleh Baznas kepada Laznas BMH. Namun, sesungguhnya ini adalah penghargaan bagi umat Islam yang begitu antusias di dalam menjalankan ibadah zakat, sehingga banyak hal yang bisa kita angkat dan lakukan di BMH. Sekali lagi, penghargaan ini adalah milik umat Islam di Indonesia,” tuturnya.

Baznas Award 2019 mengangkat tema “Zakat Tumbuh Bermanfaat. Ketua Baznas, Bambang Soedibyo, mengatakan penghargaan tersebut sebagai apresiasi kepada segenap Baznas Provinsi, Kota dan Kabupaten serta LAZ untuk terus meningkatkan prestasinya di dalam dunia perzakatan.

“Harapan kami, Baznas Award ini mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunia perzakatan,” kata Bambang.

Dia menjelaskan, Baznas Award bertujuan untuk mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silatuhmi antara Baznas dan LAZ, memupuk semangat kebangsaan antargenerasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

“Sementara target kami adalah terlaksananya kegiatan berupa pemberian penghargaan Baznas Award kepada sejumlah tokoh dan lembaga/instansi serta media pada peringatan hari kemerdekaan RI yang ke-74 dengan kualitas award yang kredibel, terukur, transparan dan mendapat pengakuan masyarakat,” ucap Bambang.

Sementara itu, Ketua Panitia Baznas Award 2019, Jaja Jaelani menjelaskan, terdapat beberapa kategori penilaian pada malam anugerah perzakatan yang digelar Baznas. Antara lain Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Terbaik, Kreativitas Penghimpunan ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik, dan Baznas dan LAZ Terbaik.

Ada sebanyak 15 Dewan Juri dalam Baznas Award 2019, yakni 1 ketua, 1 sekretaris dan 13 anggota yang menggunakan Index Zakat Nasional (IZN) terbitan Puskas Baznas sebagai standar. Baznas Award sendiri sudah berlangsung sejak 2017, dan diikuti oleh 390 Organisasi Pengelolaa Zakat (OPZ).

Hadir dalam acara ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Dirjen Bimas Islam Kemenag yang juga anggota Baznas Prof. Dr. Muhammadiyah Amin, Wakil Ketua Baznas Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, Dirut Baznas M. Arifin Purwakananta, Sekretaris BAZNAS yang juga Ketua Panitia BAZNAS Award 2019 Drs. H. Jaja Jaelani MM, Sekretaris Ditjen Bimas Islam Tarmizi Tohor, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag Fuad Nasar; para direksi, manajemen dan amil-amilat Baznas.

VIDEO BERITA

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.