Hidayatullah Surabaya Raih Trophy OMITS dan Juara Umum EFDO 2019

SURABAYA (Hidayatullah.or.id) — Prestasi bidang akademik kembali diukir pelajar SD Luqman Al Hakim, Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya, Jawa Timur. Tim Olimpiade SD Islam Integral ber-tagline “Sekolah Tauhid, Sekolah Tahfidz, Sekolah Para Juara” ini berhasil meraih juara 1 dalam babak final Olimpiade Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (OMITS) yang diselenggarakan di Kampus ITS Surabaya, (25/08/2019) lalu.

Olimpiade Matematika level SD, SMP, dan SMA ini memperebutkan Piala Gubernur Jawa Timur, Piala Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Piala Presiden RI secara bergilir.

Maka, tak mengherankan, jika event tahunan yang digawangi oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (HIMATIKA ITS) ini mampu menarik animo ribuan peserta.

Dalam Olimpiade Matematika tingkat nasional ini, Tim olimpiade SD Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabaya diwakili Kurnia Amatullah Husna Rahmanto dan Vania Nurmala Syahda. Keduanya merupakan siswa kelas 6A.

Una dan Vania, sapaan akrab mereka, berhak membawa pulang trophy bergilir Presiden RI, medali emas, sertifikat, dan uang pembinaan. Dengan prestasi ini, mereka patut bersyukur karena mampu memenangkan persaiangan dari ribuan peserta dari seluruh Indonesia.

Sebagai catatan, OMITS merupakan salah satu Olimpiade matematika terbesar di Indonesia. Diikuti oleh ribuan pelajar, hampir di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari Riau, Jambi, Lampung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Pontianak, Banjarmasin, makassar, Manado, Denpasar, dan wilayah lainnya.

Sementara itu, menyikapi raihan prestasi kali ini, Kepala SD Luqman Al Hakim Surabaya, Ust Adi Purwanto, M.Pd, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas ikhtiyar dan perjuangan tim olimpiade sehingga mampu meraih prestasi maksimal di event ini. Terlebih kepada guru pembina dan pendamping dalam melakukan pembinaan.

Adi Purwanto menjelaskan, selama proses pembinaan di program takhasus olimpiade, guru pembina selalu siap memberikan pelatihan, bahkan memberikan jam tambahan di waktu malam.

“Alhamdulilah, prestasi ini wajib kita syukuri. Semoga prestasi ini menjadi energi dan penyemangat untuk berkarya yang lebih baik lagi. Apresiasi tertinggi kami sampaikan kepada tim olimpiade yang telah bekerja keras, bekerja ikhlas hingga meraih hasil ini,” jelasnya.

Tidaj saja Sekolah Dasar, Tim Olimpiade SMP Luqman Al Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya juga meraih prestasi. SMP Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabata ini kembali mengukir prestasi gemilang dengan menjuarai Exact Fun Day Olympiad VII (EFDO) 2019, di Jombang (22/08/2019) lalu.

Kader-kader peradaban Islam ini berhasil merebut gelar bergengsi yaitu menjadi juara umum. Dengan raihan 2 medali emas, 2 medali perak, dan 2 medali perunggu serta berhak membawa pulang piala bergilir, medali, sertifikat, dan sejumlah uang pembinaan.

EFDO (Exact Fun Day Olympiad) 2019 merupakan rangkaian kegiatan dalam acara Exact Fun Day ke-VII di MAN Tambakberas Jombang. EFDO kali ini merupakan acara yang ke-7 kalinya diselenggarakan.

Kompetisi EFDO 2019 tingkat nasional ditujukan untuk pelajar SMP, MTs dan sederajat se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan menggali potensial generasi muda yang berdaya saing tinggi. Sekaligus ajang bagi para pelajar untuk menunjukkan kemampuan dalam bidang IPA, Bahasa Inggris, dan Matematika.

Kepala SMP Luqman Al Hakim Surabaya, Rahmi Andri W. ST, mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini. Ustadz Andri, sapaan akrab beliau, memberikan apresiasi setingi-tingginya kepada seluruh tim olimpiade yang telah mengharumkan nama sekolah. Terutama kepada tim pembina olimpiade sekolah yang telah bekerja keras melakukan pembinaan dan pendampingan.

Selamat dan sukses wahai kader peradaban Islam, generasi pewaris risalah Nabi SAW. Generasi yang cerdas, unggul, dan bertaqwa. */Rudi

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.