Muharram Momentum Rekatkan Ukhuwah Antar Ormas Islam

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah DKI Jakarta menggelar acara Webinar Peradaban Islam bersama Ketua ketua Ormas Islam DKI Jakarta bertajuk “Bagimu Bangsa dan Negeri Bakti Kami Setelah Ujian Pandemi” bertepatan dengan bulan Muharram dan bulan HUT RI ke-76 digelar secara virtual yang disiarkan secaar langsung di channel Gardakota TV, Selasa malam, 8 Muharram 1443 (17/8/2021).

Ketua DPW Hidayatullah DKI Jakarta, Ust Muhammad Isnaini dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini dalam rangka mengeratkan persaudaraan antar sesama organisasi massa Islam.

Selain itu, sebagai shahibul hajat, kegiatan webinar ini juga sebagai momentum untuk menyerap hikmah semangat Hijriyah dimana saat ini umat Islam sedunia telah memasuki awal Muharram.

Selain itu, lanjut Isnaini, acara ini juga menjadi salah tau rangkaian refleksi untuk milad 50 tahun Hidayatyullah yang bertepatan dengan peringatan Dirgahayu Republik Indonenesia yang ke-76.

Olehnya, untuk peringatan hal tersebut, DPW Hidayatullah DKI Jakarta menyelenggarakan sejumlah kegiatan diantaranya Kibar Bendera Merdeka yang berlangsung di rooftop Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah Jakarta, beberapa perlombaan dan webinar peradaban Islam ini.

“Terima kasih yang sebesar besarnya atas kehadiran para ketua ketua ormas Islam DKI Jakarta yang membersamai agenda ini,” kata Isnaini.

Menurut Isnaini, Hidayatullah harus terus belajar sampai kapanpun termasuk pada kesempatan milad setengah abad Hidayatullah. Oleh karena itu, Hidayatullah akan selalu siap untuk menyerap berbagai masukan dan inspirasi dari ormas senior yang lebih dulu ada.

“Kami sebagai yunior bersiap dan sangat berkepentingan untuk berguru kepada para senior. Termasuk kepada spesial dan terimakasih kepada KH Astamar yang saat berkoordinasi dengan beliau, beliau memberikan saran berkaitan dengan tema malam ini,” kata Isnaini.

Isnaini mengatakan, pergerakan atau organisasi yang lebih dulu hadir telah memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan negara. Hidayatullah, tambah Isnaini, berkepentingan untuk banyak menyerap ilmu dari para senior.

“Kami sadar dan kami yakin betul bahwa dari sisi usia banyak organisasi massa yang jauh lebih senior dan jauh lebih tua dibandingkan dengan Hidayatullah dan tentu sudah banyak sekali memberikan kontribusi terbaiknya bagi negeri ini,” kata Isnaini.

Dia berharap, semoga dari forum webinar ini akan melahirkan ide dan banyak gagasan cemerlang yang kemudian dapat dieksekusi bersama untuk selanjutnya menjadi solusi atas beragam problem yang tengah dihadapi umat, bangsa, negara bahkan dunia.

“Semoga masa mendatang dapat juga dirumuskan bagaimana pemajuan pendidikan, bagaimana melakukan recovery pasca pandemi dan menawarkan rancang bangun sebagai blue print langkah kita ke depan,” tukasnya seraya berdoa semoga ormas Islam dapat terus berkontribusi untuk Jakarta sebagai semboyannya.

“Maju kotanya, bahagia warganya, dan berkah untuk semua,” pungkasnya dalam sambutanya dalam acara yang dimoderatori oleh Chairman Salam Institute Suhardi Sukiman ini.

Hadir dalam kesempatan webinar para tokoh yang juga pimpinan organisasi Islam se-DKI Jakarta yaitu Ketua DPW PUI DKI Jakarta KH Gunadi, S.T.,MM, Ketua DPW IKADI DKI Jakarta Dr H Attabik Luthfi, MA, Ketua DPW Muhammadiyah DKI Jakarta KH Sun’an Miskan, Lc, Sekretaris PW Al Washliyah DKI Jakarta KH Hendra Gunawan Thaher.

Turut hadir juga memberikan brainstorming Ketua DMW Hidayatullah DKI Jakarta Ust Muhammadilis Karyadi, DPW Serikat Islam DKI Jakarta KH. Ahmad Astamar, Ketua Wahdah Islamiyah DKI Jakarta KH. Ilham Jaya, Ketua DDII DKI Jakarta KH Ahmad Murjoko, Ketua DPW Ittihadul Muballighin DKI Jakarta KH. Drs. Ningram Abdullah, dan Pengurus Al Irsyad DKI Jakarta KH Mansyur Alkatiri. (ybh/hio)