BMH Lakukan Survei Langsung untuk Qurban Tepat Sasaran

Tim suveri Laznas BMH di Gunungkidul / AR

Tim suveri Laznas BMH di Gunungkidul / AR

Hidayatullah.or.id — Sebagaimana tradisi tahun-tahun sebelumnya dalam rangka mempersiapkan gelaran Qurban pada Idul Adha 1435 H, lembaga amil zakat nasionak Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) kembali melakukan Survei secara langsung ke lokasi pendistribusian hewan qurban.

Kepala Departemen Program BMH Muhammad Suwito Fatah, mengatakan kegiatan suveri langsung ke lapangan ini dimaksudkan untuk menyiapkan hajatan qurban agar pada pelaksanaanya berjalan sesuai rencana dan tepat sasaran.

“(Kami) bersama BMH Yogyakarta diantaranya blusukan ke pelosok Gunungkidul. Memang benar apa adanya, kami membuktikan sendiri. Gunungkidul gersang dan tandus, geografisnya yang bebatuan dan berbukit sebagian besar hanya bisa ditanami pohon jati dan sejenisnya,” ujar Fatah usai turun ke lokasi kepada Hidayatullah.or.id belum lama ini.

Dalam blusukannya ke Dusun Kembangan, Botodayaan, Rongkop, Gunungkidul memang masih terbilang masih sanga pelosok. Fatah bersama rombongan mengaku selama bersilaturahim ke sana semua gadget yang mereka bawa bawa off karena tidak ada sinyal.

“Suasanyanya masih sunyi, sangat bersebrangan dengan hiruk pikuk keramaian kota Gudeg ini,” imbuhnya.

Perjalanan menggunakan roda empat ke desa yang berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri tersebut memakan waktu 2,5 jam dari kota Yogyakarta. Tepatnya sebelah tenggara kota Yogyakarta. Bukan kali yang pertama BMH ke wilayah tersebut, sebab di sini memang terdapat desa binaan yang dikelola oleh BMH Pusat bekerjasama dengan BMH Yohyakarta dan Pesantren Hidayatullah itu.

Sebagai kelanjutan program-program sebelumnya, BMH Yogyakarta menjadikan Desa Botodoayakan dan sekitarnya sebagai pusat pendistribusian Qurban Berkah Nusantara, yang mengambil tema Qurban di Kota Manfaat di Desa 1435 H ini.

Sampai berita ini tayang, rencana qurban yang akan distribusikan oleh BMH keBotodayakan dan sekitarnya ada 15 masjid dengan sejumlah sementara 60 ekor kambing.

“Kami masih terus menerima apabila masyarakat hendak menitipkan qurbanya untuk masyarakat Gunungkidul dan plosok lain di Indonesia,” imbuh Fatah.

Selain pendistribusian hewan qurban, BMH juga siap membangunkan fasilitas air bersih di sana. “Tahap pertama sudah kami buatkan fasilitas air bersih beberapa bulan yang lalu,”.

Dalam waktu dekat, BMH Yogyakarya membuat saluran air bersih untuk masyarakat. “Agar kaum muslimin bisa tunaikan qurban plus membantu warga Gunungkidul yang kesulitan air bersih”, kata Firman Zainal Abidin, selaku kepala BMH cabang Yogyakarta.

Tak hanya di Yogyakarta, sebanyak lebih dari 50 cabang BMH seluruh Indonesia melakukan pemantauan lapangabn dan selanjutnya distribusi hewan Qurban kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Distribusi hewan Qurban oleh BMH ini diprioritaskan ke daerah-daerah minoritas, tertinggal, pedalaman-pedalaman, dan daerah rawan kristenisasi. (Arifin/ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.