Penuhi Kebutuhan Umat, Hidayatullah Hadir di Lahat

Pengurus PW Hidayatullah Sumsel berfoto bersama  Ust. Budiman (2 dari kiri) dan Ust. Nurial (1dari kiri) / QAA

Pengurus PW Hidayatullah Sumsel berfoto bersama
Ust. Budiman (2 dari kiri) dan Ust. Nurial (1dari kiri) / QAA

Peternakan kambing Ponpes Hidayatullah Lahat / QAA

Peternakan kambing Ponpes Hidayatullah Lahat / QAA

Hidayatullah.or.id — Guna memenuhi tuntutan umat akan mendesaknya tenaga dai pengabdi dan lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren yang gratis dan berkualitas, Pimpinan Wilayah (PW) Hidayatullah Sumatera Selatan (Sumsel) meresmikan berdirinya Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Lahat di provinsi tersebut.

Lahat adalah salah satu kabupaten yang ada di propinsi Sumatera Selatan. Berada di Pegunungan Bukit Barisan dan berbatasan dengan Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Di sinilah Pesantren Hidayatullah Sumatera Selatan mulai melebarkan lahan dakwahnya dengan merintis cabang di sini.

Perintisan Pesantren Hidayatullah Cabang Lahat yang dimulai sejak pertengahan 2012 berlokasi di Desa Bintuhan, Kec. Kota Agung dengan luas 2 hektar. Untuk menuju lokasi memakan jarak sejauh 300-an km dari kota Palembang.

Pesantren Hidayatullah Cabang Lahat dirintis oleh Ustadz Budiman Stainhard, Ustadz Syarial, dan Ustadz Nurial. Kini selain telah menyelenggarakan pendidikan non-formal seperti TPA dan pengajaran Al Qur’an metode Grand MBA, ponpes ini juga sudah mulai mendirikan beberapa bangunan.

“Sebagai sumber ekonomi pesantren, saat ini sedang diusahakan peternakan kambing yang dialokasikan di lahan seluas 1/2 hektar,” kata Kepala Departemen Informasi dan Humas PW Hidayatullah Sumsel, Qosim Abu Azyz.

Selain unit peternakan kambing yang dikembangkan, Pesantren Hidayatullah Lahat juga sudah memulai mengadakan pembinaan masyarakat di 5 desa sekitar Pesantren. Pembinaan yang dilakukan di antaranya adalah Pelatihan Dakwah -dalam bentuk Traning Super Life Revolution- yang sudah dilakukan beberapa kali.

Sebagai persiapan tenaga pengelola kedepan, Pesantren Hidayatullah Cabang Lahat sudah mengirimkan santri untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi Hidayatullah, seperti ke Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hidayatullah Batam, Kepulauan Riau. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.