Ratusan Anak Santri Pesantren Hidayatullah Sangatta Dikhitan

ratusan-anak-pesantren-hidayatullah-sangatta-dikhitanHidayatullah.or.id – Sebagai wujud kepedulian sosial, PT PLN Rayon Sangatta menggelar kegiatan khitanan massal untuk ratusan anak di Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Cabang Sangatta Jalan Hidayatullah, belum lama ini.

Selain manajemen PT PLN, Asisten Administasi Umum Sekretaris Kabupaten DR HM Edward Azran juga hadir mewakili Bupati Kutim.

Edward Azran waktu itu menyampaikan bahwa Pemkab Kutim menyambut baik dan mengapresiasi program yang digelar oleh PT PLN kali ini.

Karena, jelas Edward, ini menyangkut hal-hal syiar Islam dan merupakan sesuatu hal yang penting sebagai modal utama dalam membangun generasi Islam yang baik. Sekaligus membangun generasi muda bangsa Indonesia yang berkualitas.

“Terima kasih kepada penyelenggara mengambil (sasaran program) wilayah strategis, dalam menciptakan manusia sempurna. Generasi muda yang ada diharapkan ke depan bisa menjadi hamba Allah SWT yang terbaik karena telah bersih,” harap mantan Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (PMD) ini.

Edward mengatakan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dapat dimulai dari lingkup keluarga. Peran YPPH kata dia sangat penting dalam memberikan pendidikan dan pengetahuan agama kepada santri sebagai ilmu dasar membangun generasi Islami.

“Dengan sistem agama yang bagus akan melahirkan generasi yang berkualitas pula. Pelajaran agama menjadi poin penting dalam membagun manusia yang utuh,” ungkap Edward Azran.

Ketua YPPH Jafruddin mengatakan program khitanan mubarok yang diamanahkan oleh PT PLN Rayon ke YPPH Cabang Sangatta merupakan program pertama digelar dengan waktu persiapan satu minggu.

“Peserta yang mendaftar mulai santri, warga Hidayatullah Desa Sekerat Kecamatan Bengalon, Desa Sangkimah Kecamatan Sangatta Selatan dan anak-anak sekitar yang berada di kota dengan total keseluruhan 100 anak,” ungkap Jafruddin.

Manager PT PLN Rayon Sangatta, Poniman menjelaskan pelaksanaan khitanan mubarok diadakan disemua rayon PT PLN se-Indonesia.

Khusus untuk wilayah Kaltim–Kaltara sebanyak 1.650 anak dan di Kutim 100 anak. YPPH dipilih karena memiliki jaringan luas dan mempunyai cabang di Kabupaten serta Kota di Indonesia.

“Kutim mendapatkan kuota 100 anak dan masih ada 70 yang belum terakomodir. Kami mohon maaf, mudahan ditahun selanjutnya kuota tersebut dapat direalisasikan,” jelas Poniman

Anak yang di khitan terlebih dahulu harus diseleksi. Diutamakan bagi masyarakat tidak mampu. Program khitanan massal kali ini juga menjadi berkah bagi anak-anak dari Desa Sekerat Kecamatan Bengalon yang notabene belum termasuk wilayah operasional PT PLN. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.