Dengan Ukhuwah Tingkatkan Peran Membangun Papua Barat

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) – Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Papua Barat menggelar acara silaturrahim dengan Dewan Muzakarah Hidayatullah yang digelar di Aula Kampus Hidayatullah Manokwari, Jalan Trikora Arfai II Kelurahan Anday, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Rabu (18/10/2017).

Kegiatan silaturrahim yang mengusung tema “Mengokohkan Ukhuwah dan Komitmen Membangun Peradaban Islam” tersebut sekaligus dalam rangka menyerap spirit yang dibawakan oleh anggota Dewan Mudzakarah Hidayatullah, Drs H Nursyamsa Hadits.

Diantara benang merah taushiah yang dibawakan dalam kesempatan tersebut, Ust Nursyamsa Hadits menekankan pentingnya menjaga tradisi Islam yang selama ini diusung oleh Hidayatullah. Tradisi tersebut seperti kultur jamaah dan dakwah keteladanan yang seiring dengan itu terus mengokohkan setiap pribadi dai dengan kekuatan spiritual.

Mengokohkan ukhuwah, tegas beliau, merupakan teladan yang sama pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, lalu praktik mulia ini dilanjutkan oleh para sahabatnya dan orang-orang shaleh hingga kini.

Menurutnya, menjaga persaudaraan sesama muslim (ukhuwah Islamiyah) tentu penting, namun sejalan dengan itu persaudaraan sesama manusia (ukhuwah insaniyah) pun tak boleh diabaikan sebab Nabi pun telah memperagakan dengan indah betapa tinggi dan mulia akhlak beliau kepada sesama manusia.

Bahkan, lanjut dia, tak sedikit orang yang tak suka lalu masuk Islam tersebab melihat perilaku mulia yang diperagakan oleh Nabi Muhammad hingga beliau dijuluki Al Amiin (terpercaya). Karena itu, tegasnya, visi kehadiran Hidayatullah adalah dalam rangka menegakkan peradaban atau menegakkan akhlak Islam yang luhur.

Ust Nursyamsa berharap Hidayatullah secara institusi maupun pribadi setiap kader-kadernya terus meningkatkan peran bersama dengan elemen masyarkat lainnya dalam rangka membangun dan memajukan Provinsi Papua Barat melalui program mainstream Hidayatullah yakni dakwah dan tarbiyah.

Kunjungan DM tersebut sekaligus untuk menjalankan amanat organisasi yakni melakukan fungsi murabbi, menyerap aspirasi kader, mempertajam visi misi Hidayatullah serta memastikan apa yang diputuskan saat Munas 2016 berjalan dengan baik.

Ketua DPW Hidayatullah Papua Barat Muhammad Sulthan mengapresiasi kegiatan seperti ini. Pihaknya berharap setidaknya kedepannya tidak saja dilakukan sekali setahun tetapi harapannya beberapa kali.

“Agar kami yang di daerah bisa terus bekerja sesuai dengan target yang telah diamanahkan kepada kami,” kata Sulthan.

Senada itu, murabbi Wilayah Hidayatullah Papua Barat Ust Sudirman Ambal mengatakan silaturrahim ini diharapkan bisa menjadi stimulan dan penyemangat teman-teman di daerah.

“Karena kehadiran bapak-bapak pengurus pusat memberikan sesuatu yang spesial, apalagi ditambah dengan penyampaian dan penguatan visi misi Hidayatullah,” kata Sudirman.

Salah seorang peserta Ust. Asdar yang juga Ketua DPD Hidayatullah Kabupaten Kaimana mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bagus karena ada sesi curah pandangan yang langsung diserap oleh semua peserta.

“Acara ini bagus sebab petugas atau dai-dai yang bertugas bisa langsung menyampaikan permasalahan-permasalah yang ada di daerah dan diharapkan bisa dibantu memecahkan masalah-masalah yang ada,” tukas Asdar.

Acara ini dihadiri oleh segenap Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah se-Papua Barat seperti DPD Manokwari, DPD Fakfak, DP Kaimana, DPD Kota Sorong Selatan, DPD Kabupaten Sorong, DPD Kota Sorong, DPD Kaimana dan DPD Raja Ampat.*/Miftahuddin

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.