Tim Asesor DPP Hidayatullah Visitasi Dikdasmen ke Kaltim

SAMARINDA (Hidayatullah.or.id) – Dalam rangka meningkat mutu pendidikan, Tim Asesor Depertemen Pendidikan Dasar dan Menengah DPP Hidayatullah melakukan visitasi ke sekolah-sekolah binaannya.

Kali ini yang menjadi tujuan visitasi adalah SD, MTs dan SMK milik Kampus Utama Hidayatullah yang ada di Kalimantan Timur. Kali ini dilakukan di Kampus Hidayatullah Samarinda yang berlangsung pada Ahad (22/10/17).

Menurut Ketua Tim Asesor, Zainal Muttaqin, ada enam item yang akan di visitasi. Keenam item ini merupakan standar yang telah ditetapkan Depdikdasmen DPP Hidayatullah diantaranya; Standar Administrasi, Standar Proses, Standar Kurikulum Diniyah, Standar Pandu Hidayatullah, dan Standar Keilmuan (sains) dan Bahasa.

“Jadi kita lebih (melihat) pada “rasa” sebagai Sekolah Hidayatullah, plus apakah “rasa” itu ada bukti fisiknya berupa dokumentasinya,” ungkap Zainal membedakan visitasi yang dilakukannya dengan visitasi yang dilaksanakan pihak pemerintah.

Pada kesempatan itu Zainal memberikan apresiasi terhadap Pandu Hidayatullah di Samarinda.

“Kami menangkap ruhnya, bahwa ruhnya pendidikan (Hidayatullah) Samarinda itu luar biasa. Sekarang Pandu Hidayatullah kiblatnya ke Samarinda,” ujarnya di hadapan puluhan guru dan tenaga kependidikan.

Mewakili Ketua Yayasan Pesantren Hidayatullah Samarinda, Muhammad Arfan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Visi Pendidikan Hidayatullah secara global adalah melahirkan generasi Abdullah dan Khalifatullah.

“Turunan dari visi global ini adalah visi membangun pradaban Islam, sehingga kegiatan pendidikan hendaknya juga bertujuan membangun pradaban islam” kata Arfan.

Arfan menjelaskan bahwa kegiatan pendidikan di Hidayatullah Samarinda ini telah menjadi pilot project pendidikan Hidayatullah se-Kalimantan Timur.

“Hidayatullah Samarinda saat ini telah menjadi pilot project pendidikan Hidayatullah se-Kalimantan Timur, kecuali Gunung Tembak, sebab dia adalah Kampus induk yang tentu standarnya lebih tinggi daripada kampus utama,” terang Arfan memungkasi.*/Shabirin Ibnu Hambali

 

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.