Hidayatullah Kaltim Menggelar Pelatihan Kurtilas basis Tauhid

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Selain berupaya dengan sungguh-sungguh mengaktualisasi muatan Kurikulum Pendidikan Nasional (Diknas),  komitmen mengembangkan pendidikan berbasis Tauhid oleh jaringan sekolah pada Lembaga Pendidikan Islam Hidayatullah (LPIH) Kalimantan Timur juga semakin dimantapkan.

Hal ini terlihat dengan diadakannya pelatihan dan pengembangan Kurikulum 2013 Berbasis Tauhid yang digelar di Aula Serbaguna Kampus Hidayatullah Karang Bugis, Balikpapan pada Jumat-Ahad (1-3/12/17).

Kegiatan yang digagas oleh Depertemen Pendidikan DPW Hidayatullah Kalimantan Timur ini diikuti oleh Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan guru senior perwakilan sekolah Hidayatullah tingkat SD, SMP, dan SMA berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Kendatipun materi pelatihan cukup mengerahkan pikiran peserta pelatihan, namun mereka tetap bersemangat dan ceria berkat ice breaking, yel-yel dan motivasi yang selalu disegarkan instruktur Adi Purwanto, Pakar pendidikan dari Surabaya dan Rully Cahyo Fathur pakar pendidikan dari Malang Jawa Timur.

Rully Cahyo mengatakan pada dasarnya Kurikulum 2013 berbasis Tauhid adalah pengembangan kurikulum 2013 dengan menginternalisasikan nilai-nilai ketauhidan yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits ke dalam materi pembelajaran.

“Lebih spesifik pada aqidah Tauhid dalam ajaran Islam,” kata alumni manejemen pendidikan UIN Malang Ini.

Sejalan dengan Rully, Ketua Depertemen Pendidikan DPW Hidayatullah Kaltim, Sirajuddin mengatakan bahwa untuk mencapai kejayaan sebagaimana yang telah sukses didemonstrasikan Rasulullah SAW maka perlu mengikuti pola pendidikannya.

“Pola pendidikan Rasulullah adalah untuk mendidik generasi bertauhid,” kata Sirajuddin di hadapan puluhan peserta.

Sirajuddin melanjutkan, konsep pendidikan yang paling tinggi adalah pendidikan yang mampu mengundang simpati Allah SWT dalam mewujudkan sekolah yang maju dan melahirkan kader generasi bangsa yang baik.

“Mudah-mudahan dengan pelatihan ini Allah membantu dan membimbing urusan sekolah untuk mewujudkan pendidikan tauhid” harap Sirajuddin yang diamini peserta.

Sebagaimana dikatakan Sirajuddin bahwa kegiatan Pelatihan ini merupakan rangkaian terakhir dari program kerja Depertemen Pendidikan DPW Hidayatullah Kaltim pada tahun 2017.

“Nanti kita akan kembali merumuskan program kerja pendidikan bulan Februari 2018 mendatang pada kegiatan Rakerwil Pendidikan Wilayah,” jelas Sirajuddin.

Ketua Pelaksana Pelatihan, Abdul Basith, mengatakan untuk membangkitkan semangat juang para peserta, pelatihan ini diadakan di Kampus Hidayatullah Karang Bugis yang merupakan tempat paling bersejarah bagi perkembangan Hidayatullah yang telah berada di berbagai daerah di Indonesia saat ini.

“Di tempat inilah para pendahulu kita merumuskan perjalanan organisasi ini (Hidayatullah) ke depan” kata Basith yang merupakan kepala sekolah SDIT Luqman Al-Hakim Balikpapan.*/ Shabirin Ibnu Hambali

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.