Laznas BSM-IMS Gelar Khitan Muallaf Pedalaman Kaltim

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

MAHAKAM HULU (Hidayatullah.or.id) – Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSM) bekerja sama dengan Islamic Medical Service (IMS) menggelar khitanan massal dan pengobatan gratis di Kampung Datah Bilang, Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu), Kalimantan Timur.

Pada tanggal 29-30 Desember 2017, kedua lembaga itu menggelar berbagai kegiatan di pedalaman tersebut. Berupa khitanan, pengobatan umum, pemeriksaan lab, pemeriksaan kecacingan, pemeriksaan gizi untuk anak, dan pembagian sembako.

“Alhamdulillah, kami melayani ratusan peserta khitanan massal dan layanan kesehatan gratis untuk para mualaf kampung Datah Bilang, Kecamatan Mahakam Hulu,” tutur Abdul Kholik Yahya, General Manager IMS yang turut serta dalam misi dakwah-sosial-kemanusiaan itu, Sabtu (30/12/2017).

Kholik menambahkan alasan menggelar khitanan acara itu karena di daerah tersebut merupakan pedalaman Kaltim yang memiliki mualaf terbanyak di Mahulu. Kegiatan itu juga dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Ketua Takmir Masjid ar-Rahman di lokasi itu, Suyatno, sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan tersebut.

“Mewakili masyarakat Datah Bilang, kami sangat berterima kasih kepada IMS dan Laznas BSM karena telah menggelar acara yang positif seperti ini,” tuturnya kepada media ini.

Silaturahim BMH-BSM
Sementara itu, masih dalam rangkaian kunjungan ke Mahulu tersebut, Perwakilan Laznas BSM Jakarta dan Laznas BMH berdiskusi bersama perwakilan masyarakat dalam mendengarkan kebutuhan-kebutuhan dan permasalahan para mualaf pedalaman, khususnya di Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, Mahulu.

“Niat kami yaitu silaturahim sesama umat Muslim khususnya para mualaf di tengah keterbatasan mereka berjuang dan banyak tantangan,” ucap Abdul Gani di hadapan para mualaf, Kamis (28/12/2017).

Abdul menambahkan, salah satu alasan kedatangan BSM yaitu mendengar keluh kesah para mualaf, berupa assessment (penilaian) kondisi di daerah yang akan menjadi bahan program jangka panjang berupa pendidikan, ekonomi, dan pendidikan.

“Fokus kami yang akan menjadi pantauan kami di sini yaitu dalam hal pendidikan dan ekonomi, seperti sarana pendidikan Taman Pendidikan al-Qur’an, kesehatan dan pemberdayaan yang bekerja sama dengan berbagai elemen. Apa yang dibutuhkan para mualaf maka kami akan melaporkan ke atasan,” ucap Abdul yang juga divisi program khusus mualaf BSM.

Abdul berharap berharap, kedatangan BSM-BMH mampu mendapat masukan kebutuhan masyarakat dan dirasakan jangka panjang, agar saudara-saudara yang di pedalaman memiliki masa depan yang cerah.

“Kami merasa sangat senang, dengan kedatangan BSM, semoga kami bisa dibantu dalam hal ekonomi, salah satunya hewan ternak seperti peternakan kambing, sapi, ayam, dan lain-lain,” harap Irwan, warta setempat yang juga mualaf pedalaman Suku Dayak Kenyah.*/Zulkarnain

 

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.