Pesan Pilkada 2018 Bawaslu RI di Hidayatullah Bengkulu

BENGKULU (Hidayatullah.or.id) – Dalam pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2018, dimana saat ini telah masuk tahap Coklit DPT yang akan dilakukan oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menekankan perlunya pencegahan dan tingkatkan partisipasi pengawasan, khususnya di wilayah Bengkulu.

Komisioner Bawaslu RI Divisi Pengawasan & Sosialisasi Mochammad Afifuddin mengatakan untuk pencegahan pelanggaran bisa dilakukan melalui forum sosialisasi dengan mengajak suasana keterbukaan.

Sehingga diharapkan kemudian banyak pihak mau terlibat, seperti dalam proses Kegiatan Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih Tetap (Coklit DPT) yang mulai akan dilaksanakan tanggal 20 Januari besok.

“Kita mengajak semua pihak mengawasi proses demikian,” ungkap Komisioner Bawaslu RI Mochammad Afifuddin, seusai melaksanakan kegiatan sosialisasi bersama santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Kota Bengkulu.

Menurutnya, proses coklit itu penting, karena berkenaan dengan proses data yang akan digunakan nanti.

Kemudian, lanjutnya, pada tahapan yang lain, pihaknya akan melakukan teguran dan penindakan, termasuk dengan yang dilakukan sekarang membuka informasi lebih jauh, seperti informasi soal mahar politik.

“Itu harus diawasi dalam upaya kita melakukan penekanan pengawasan lebih pada pencegahan. Kita harapkan keterlibatkan seluruh kelompok masyarakat dan elemen yang ada,”ujarnya dikutip laman RRI, Jumat, (19/1/2018).

Sementara itu, Ketua Panwaslih Kota Bengkulu Rayendra menjelaskan, perlunya partisipasi dari seluruh elemen masyarakat Kota untuk bersama-sama menyukseskan Pilkadaini.

Sehingga, lanjut Rayendra, setiap ada potensi pelanggaran bisa dilaporkan kepada pihak terkait.

Rayendra menegaskan, setiap ada potensi untuk ikut sama-sama berpartisipasi mengawasi jalannya pesta demokrasi daerah kita. baik pelajar maupun seluruh elemen masyarakat yang ada.
“Sehingga pelaksanaan Pilkada yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Bengkulu menjadi daerah yang paling aman,” tukasnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut turut dihadiri Ketua DPW Hidayatullah Bengkulu Subur Pramudya beserta jajaran dan komponen masyarakat termasuk masyarakat sekitar lingkungan pesantren. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.