Madrasah Tsanawiyah Sains Al Hadid Hidayatullah Cirebon

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

CIREBON (Hidayatullah.or.id) – Hadir di Kota Cirebon pada tahun 1993, Hidayatullah terus bergeliat memantapkan kiprahnya di Kota Berintan yang juga berjuluk kota udang dengan keanekaragamannya ini.

Kini Hidayatullah Cirebon melalui Yayasan Manarussalam Cirebon telah menyelenggarakan pendidikan formal tingkat menengah pertama bernama Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sains Al Hadid Hidayatullah Cirebon.

Selain MTs, Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Kota Cirebon telah mengelola jenjang pendidikan PAUD tingat PG dan TK serta SDIT Lukman Al Hakim dengan lokasi yang berbeda.

PAUD PG/TKIT Ya Bunayya Hidayatullah Cirebon dengan sistem fullday school berlokasi di Jalan Evakuasi Gang Langgar Karyamulya, Kesambi, Cirebon.

SDIT Lukman Al Hakim Hidayatullah Cirebon dengan program tahfidzul Quran fullday school di alamat yang sama pula. Adapun Mts Sains Al Hadid Hidayatullah Cirebon sistem boarading school (berasrama) beralamat di 2 tempat untuk putra dan putri.

Kampus Putri Mts Sains Al Hadid beralamat di Jalan Sekarkemuning Karyamulya, Kesambi, Cirebon. Dan Kampus Putra di Jalan Surapandan, Kelurahan Argasunya, Harjamukti, Cirebon.

MTs Sains Al Hadid berkomitmen menjadi sekolah unggulan yang membidik peserta didik beprestasi dan memprioritaskan dari kalangan yatim dan dhuafa dengan beasiswa full. Mereka dibinda dan mendapatkan pendidikan formal dengan sistem berasrama( boarding school).

Pada 2014 lalu Bertempat di Masjid Al-Ikhlas, Komplek Yayasan Pondok Pesantren Manarussalam Hidayatullah Cirebon, Walikota Cirebon, Drs. H. Ano Sutrisno, MM, meresmikan Pesantren Tahfizul Qur’an Khusus Putri.

Peresmian Pesantren Manarussalam yang ditandatangani WaliKota Cirebon ini dikhususkan untuk para santri putri tingkat SMP, atau lulusan SD dan sederajat.

Walikota Cirebon Ano Sutrisno yang dididampingi sejumlah pejabat setempat beserta perangkat wilayah seperti Camat Kesambi Subrata, S.Sos, Lurah Karyamulya Tarmat Wijaya, dan Ketua RW Kalikebat, menyampaikan apreasiasi terhadap Hidayatullah atas kegiatan yang dilakukan di kota udang ini.

“Insya Allah Pemerintah Kota Cirebon akan terus membantu program–program yang diangkat oleh Hidayatullah, supaya lebih banyak lagi masyarakat yang merasakan manfaatnya. Terutama mereka dari kalangan kurang mampu yang tinggal di pelosok desa,” kata Ano Sutrisno dalam sambutan peresmiannya.

Pesantren Hidayatullah Cirebon santri putri selain dibekali pada pemahaman agama Islam yang konfrehensif setiap saat seperti ilmu Al Qut’an, para santriwati juga dibekali keterampilan atau skil lapangan seperti kemampuan menjahit, tata boga, dan kompetensi-kompetensi lain yang berhubungan dengan dunia kewanitaan.

“Hal ini dimaksudkan agar nantinya Pesantren Tahfidz akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap pakai,” ujar Ismail.

Para santri dari kalangan dhuafa yang bersekolah di Pesantren Hiayatullah Cirebon diberikan beasiswa penuh khususnya bagi mereka yang berasal dari keluarga tidak mampu dan dhuafa yang dibantu oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH). (jul/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.