Korps Muballigh Hidayatullah Kaltim Dikukuhkan

SAMARINDA (Hidayatullah.or.id) – Ketua Departemen Adab dan Pembinaan Keluarga DPP Hidayatullah, Ust Zainuddin Musaddad, mengukuhkan pembentukan dan kepengurusan Korps Muballigh Hidayatullah Provinsi Kalimantan Timur yang dilakukan di Kampus Dewan Pengurus Cabang (DPC) Hidayatullah Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kaltim, belum lama ini dan ditulis Kamis (10/05/2018).

Selain kegiatan pengukuhan Korps Muballigh Hidayatullah Kaltim, acaara ini juga dirangkai dengan kegiatan Upgraiding Dai Ramadhan yang diselenggarakan oleh DPD Hidayatullah Samarinda.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Masjid An-Nahl DPC Hidayatullah Sambutan ini, Ust. H. Uswandi SH.I dikukuhkan sebagai Ketua KMH Kaltim oleh KH Zainuddin Musaddad yang juga selaku ketua KMH Pusat.

Dalam sesi upgrading dan pengarahan pengukuhan tersebut, KH Zainuddin Musaddad MA berpesan kepada dai agar selalu menjaga kualitas ibadah kepada Allah Subhanahu Wata’ala sebab tiada penolong bagi setiap muslim selain-Nya.

Kepada para peserta, Zainuddin juga menyampaikan materi seputar retorika dan metodologi dakwah. Diantaranya beliau mengingatkan seorang dai ketika menyampaikan materi dakwah harus proporsional.

Agar tidak monoton, dai harus mampu berimprovisasi ketika menyampaikan materinya. Sesekali pembicara perlu berdiri untuk menghidupkan suasana namun jika tidak terbiasa sebaiknya tidak dilakukan. Begitupun sebaliknya.

Lebih dari itu, pesan Zainuddin, bobot materi dakwah yang disampaikan bukan ditentukan oleh penguasaan atau tekhnik penyampaian yang memadai. Namun, ditentukan oleh ikhlasnya hati dan bersihnya jiwa dari nafsu yang berorientasi dunia.

Karena itu, terang dia, wajib bagi setiap dai untuk selalu menjaga niatnya dari penyakit hati dengan senantiasa meminta pertolongan Allah Subhanahu Wata’ala.

“Menghadap dan minta izin pada Allah lewat shalat tahajjud di malam hari. Sebab gerakan (dakwah) yang sedang kita kerjakan ini adalah gerakan “sujjadan wa qiyaaman”. Sebuah gerakan orang-orang taat yang mengajak pada ketaatan. Gerakan pengamal Islam yang mengajak ummat untuk mengamalkan Islam bukan hanya sekedar gerakan pelajaran Islam,” pesannya.

Selain itu lewat pemateri-pemateri lain dalam kegiatan yang dilaksanakan sehari penuh ini para peserta juga mendapatkan bekal dan bimbingan tekhnis dakwah ramadhan diantaranya public speaking, psikologi dakwah, metodologi dakwah dan materi-materi dakwah lain yang sesuai dengan kultur masyarakat muslim di kota Samarinda.

Ust. H. Jamaluddin Ibrahim mewakili Ketua DPW Hidayatullah Kaltim menyambut hangat kegiatan ini dan dalam sambutannya beliau berpesan kepada seluruh daI untuk bangga dan bahagia telah dipilih oleh Allah menjadi pelanjut risalah kenabian.
“Dakwah adalah sebuah profesi yang paling tinggi dan mulia dalam pandangan Allah Subhanahu Wata’ala,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama Ust. H. Uswandi SH.I selaku Ketua DPD Hidayatullah Samarinda juga mengucapkan terimakasih kepada para pemateri upgrading lainnya yang telah berkenan meluangkan waktu untuk memberikan pembekalan dan spirit kepada 45 orang daI Ramadhan Hidayatullah Samarinda yang akan diterjunkan selama satu bulan penuh membina ummat di berbagai titik di kota Samarinda. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.