Hidayatullah Karang Bugis Kembangkan Perpustakaan Digital

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Di sudut ruang rapat kantor itu terpasang sebuah banner berukuran 2 meter x 2 meter. Desainnya unik dan menarik. Terbagi menjadi 2 bagian.

Pada bagian bawah, tampak gambar lemari lengkap dengan buku dan kitab. Sedang bagian atasnya, ada petunjuk penggunaan, logo Pendidikan Integral Lukman al-Hakim serta kalimat motivasi tentang membaca serta keutamaan menuntut ilmu.

Itulah salah satu unsur penunjang perpustakaan digital yang tengah dikembangkan Lembaga Pendidikan Integral Lukman al-Hakim Pesantren Hidayatullah Karangbugis, Balikpapan.

Elfan nama perpustakaan digital ini. Secara resmi diluncurkan pada 1 Muharram 1438 H (2017) lalu.

“Dari banner itu, para pengguna bisa menemukan barcode yang berfungsi untuk mengakses puluhan, bahkan ratusan ribu buku maupun kitab,” jelas Direktur Sekolah Integral Terpadu Lukman al-Hakim Pesantren Hidayatullah Karang Bugis, Muzakkir Usman Asyari,MA. Banner juga ada di setiap ruang kepala sekolah TK, SD, dan SMP.

“Di beberapa titik SD dan SMP, juga kita pasang. Bahkan, di SD ada yang ukurannya 3 meter x 3 meter,” imbuhnya.

Ruangan Tak Terbatas. Perpustakaan digital ruangannya ‘tak terbatas’. Bisa diakses di mana saja, seluas area yang dikover oleh jaringan internet dengan server dan wifi yang disediakan di sekolah.

Menurutnya, sekolah lebih memilih mengembangkan perpus takaan digital karena lebih ekonomis dan menghemat bia ya daripada membangun per pus takaan pada umumnya, yang harus menyediakan gedung, ruang yang nyaman, dan rak buku.

“Semua itu dapat disederhanakan dengan Digital Library, tanpa mengurangi manfaat dari keberadaan perpustakaan sebagai penyedia sumber ilmu.”*/sahid

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.