Hidayatullah Samarinda Cetak Generasi Qur’ani di Era Milenial

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

SAMARINDA (Hidayatullah.or.id) — Sebanyak 29 orang peserta dari siswa kelas 6 SD Islam Integral Luqman Al-Hakim Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda mengikuti Ujian Tahfidz Terbuka (UTT). Kegiatan ini terlaksana di Masjid Al-Iman Kampus Utama Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah pada Sabtu (02/02/2019).

Kegiatan ini diadakan untuk melihat capaian hafalan Al-Quran peserta didik selama proses belajar di sekolah.

“Mereka itu ditarget menghafal 3 juz. Alhamdulillah mayoritas sudah mencapai dan bahkan sudah ada beberapa anak yang lebih dari itu, sehingga perlu diuji di depan umum,” kata Fahruz Zaman, Wakil Kepala Sekolah bidang Diniyah SD Integral Luqman Al-Hakim Hidayatullah Samarinda.

Fahruz menambahkan, Kegiatan seperti ini diadakan setiap tahun dalam setiap angkatan. “Seperti Tahun lalu,” ucapnya.

Ujian Tahfidz yang bertema “Menjadi Generasi Qur’ani di Era Milenial” ini mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda. Melalui Muchlis, Kasie Kelembagaan Peserta Didik, Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda mengatakan, “kami sangat mengapresiasi kegiatan ini. Di Samarinda sendiri sedang digencarkan pendidikan karakter sejak ditetapkannya Peraturan Wali Kota Samarinda Nomor 13 Tahun 2015,” ucap Muchlis membacakan sambutan tertulis Diknas Samarinda.

“Ada 18 karakter yang dikembangkan, kami yakin siswa SD Integral Luqman Al-Hakim Samarinda telah melaksanakan,” sambungnya.

Sebagaimana yang diketahui bersama 18 karakter yang dikembangkan sebagaimana Peraturan Wali Kota Samarinda Nomor 13 Tahun 2015, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Para orangtua wali yang hadir menyaksikan anak mereka diuji oleh Muhammad Abrar, Imam Masjid Al-Iman dan Nurul Zaman Alumni International University Of Africa, Sudan juga turut memberikan apresiasi.

“Luar biasa pencapaiannya. Kami sekeluarga sangat bersyukur dipertemukan dengan sekolah ini, dipertemukan dengan guru-guru yang hebat, Semoga Anak-anak tidak melupakan hafalan mereka” ucap Bunda Syifa Amalia.

“Saya mengucapkan terimakasih yang sangat mendalam telah berhasil mendidik dan membimbing anak-anak menjadi penghafal Al-Quran. Semoga anak-anak tetap istiqomah dalam menghafal dan terus menjadi generasi qur’ani menegakkan agama Allah dan menjadi pemimpin ummat,” sambung Bunda Hanim dengan penuh Harap.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Samarinda Utara, Arsiah, Ketua Komite Sekolah SD Integral Luqman Al-Hakim, Purwoko, Orangtua dan ratusan jamaah masjid Al-Iman.*/Abu Audy

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.