Ketua Hidayatullah Timika Ajak Orangtua Melek Teknologi

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

TIMIKA (Hidayatullah.or.id) — Untuk memperdalam pengetahuan tenang teknologi informasi di jenjang pendidikan Sekolah Dasar dan memotivasi kreativitas siswa, SD Integral Hidayatullah Timika melaksanakan Ujian Praktik Presentasi Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk jenjang kelas VI, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang diikuti oleh 57 orang siswa-siswi tersebut juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Timika, Ustad Al Jufri Muhammad, Ketua DPD Hidayatullah Timika, Ustad Kasim Rumaf, S.Sos, dewan guru serta orang tua/wali murid yang menyaksikan secara langsung kepiawaian anak didik mereka dalam mempresentasikan laporan kegiatan home stay, tentang apa saja yang telah mereka lakukan pada bulan Desember 2018 yang lalu di Desa Naena Muktipura SP.6 Distrik Iwaka, Timika-Papua.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Timika, Ustad Al Jufri Muhammad dalam sambutannya menyampaikan, melihat kondisi perkembangan teknologi yang semakin pesat, sudah sewajarnya sebagai orangtua, kita harus dapat mengawasi anak-anak kita lebih ketat dengan terus mengontrol dan menyaring apa saja yang menjadi kebutuhan mereka dalam memilih teknologi maupun informasi pada era yang semakin berkembang.

“Kita sadar semua bahwa pengaruh HP Android sangat luar biasa kepada anak-anak kita. Oleh karena itu yayasan ini sangat ketat bagi santri yang boording School di sini. Untuk itu kami menghimbau juga kepada bapak dan ibu agar dapat menerapkannya juga di rumah masing-masing. Jangan karena rasa cinta kita kepada anak, sehingga kita memfasilitasi hal tersebut yang sebenarnya belum menjadi kebutuhan mereka malainkan hanya berupa keinginan,” kata Al Jufri.

Al Jufri menambahkan pada kegiatan tersebut mempersikahkan orangtua murid untuk memberikan masukan-masukan ataupun catatan-catan kecil berupa saran atau pendapat yang dapat menunjang kemajuan Sekolah dikemudian hari, jelasnya.

Senada dengan Ketua Yayasan, Jamul Hidayat, S.Pd selaku kepala sekolah mengatakan perlunya pengawasan yang ektra aktif dari orangtua kepada anaknya mengingat ujian nasional sudah di depan mata, tinggal menyisahkan kurang lebih 2 bulan kedepan.

“Saya tekankan ini adalah ujian kedua dari rangkaian ujian kelas VI setelah kemarin ada ujian pidato. Tak henti-hentinya saya menghimbau kepada orangtua wali kelas VI untuk selalu mengingatkan anak-anaknya, karena, InsyaAllah, di bulan Februari kita akan menghadapi try out tingkat gugus, kemudian dilanjutkan try out tingkat kabupaten di bukan Maret serta masih banyak lagi ujian-ujian detik-detik terakhir menuju ujian nasional,” kata Hidayat.

Selanjutnya Hidayat menyampaikan, perlu diperhatikan di rumah untuk mengawasi kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat, yaitu dengan cara mengurangi jam bermain anak dengan menambah porsi belajar mereka. Karena selain ujian nasioanal anak-anak SD Intergral Hidayatullah Timika dalam waktu dekat juga akan mengikuti ujian Al-Quran.

“Anak-anak kita sudah hafal dari kelas 1 sampai kelas 5 tinggal dibangkitkan lagi daya ingat mereka agar dapat menghafal Al Quran lebih baik lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui ujian praktik TIK kali ini siswa-siswi dibagi menjadi 10 kelompok yang terdiri dari 5 kelompok putra dan 5 kelompok putri dan merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh siswa-siswi kelas VI sebelum meranjak ke seragan putih biru.*/Absir Budi Hamzah

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.