DPD Hidayatullah Makassar Beri Kajian Zakat ke Kalangan Profesional

MAROS (Hidayatullah.or.id) — Sebagai salah satu rukun Islam, zakat mestinya menjadi prioritas bagi umat muslim baik dari sisi pemahaman maupun praktik. Demikian karena sebagaimana ibadah shalat yang merupakan kewajiban setiap muslim. Namun pada faktanya, pemahaman perkara zakat ini dinilai masih rendah.

Hal itulah yang mendorong Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Makassar untuk secara intensif menjadikan materi zakat sebagai program bahasan dakwah yang dilakukan berkelanjutan.

Kendati belum cukup popular, namun animo masyarakat terhadap punyuluhan masalah zakat dan hal-hal yan sekaitan dengannya ternyata cukup tinggi. Seperti beberapa waktu lalu, sekelompok kalangan profesional mengundang Ustadz Nasrullah bin Sapa Lc, MM, untuk menjadi pemateri membahas zakat profesi dan wakaf yang berlangsung di Hotel Grand Town Grand Mall Maros, Sabtu (23/02/2019).

Nasrullah Sapa dalam paparan materinya menjelaskan bahwa kita tak lama lagi berada di bulan yang dekat dengan Ramadhan, maka dari itu mengingatkan kembali dengan zakat. Ia juga mengulas berbagai pengertian dan definisi jenis zakat lainnya yang ditunaikan bukan saja di bulan Ramadhan seperti zakat harta (maal), zakat profesi, wakaf, fidyah, infaq dan sebagainya.

“Zakat fitrah sudah dikenal bersama, yang banyak belum kenal adalah, misalnya, zakat profesi. Kedudukannya wajib seperti zakat fitrah menurut sebagian ulama. Zakat profesi diqiyaskan dengan pertanian namun nisabnya diqiyaskan dengan zakat harta.Jika penghasilan tahunan sudah mencapai 85 gram emas wajib dizakati,” kata Ustadz Nasrullah Sapa yang merupakan alumni Universitas Al-Azhar Mesir.

Lanjut dia, wakaf adalah menahan harta untuk dimanfaatkan oleh kaum muslimin. Ada yang selamanya ada juga sesuai dengan kadar waktu perlu memproduktifkan wakaf.

Ia berharap, setelah mereka memahami tentang zakat profesi dan wakaf mereka melaksanakannya. Karena, kata dia, bisa jadi selama ini mereka tidak melakukan karena tidak mengerti.

Kegiatan ini disponsoru oleh BMH Sulawesi Selatan. Sekaligus kegiatan ini juga mengenalkan tentang pengelolaan zakat dan wakaf Baitul Maal Hidayatullah Sulawesi Selatan. Turut hadir pada kesempatan tersebut kelompok majelis taklim dan arisan, serta sejumlah dosen Universitas Hasanuddin Makassar.*/Andi Alfian Milyardo Salassa

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.