Hidayatullah Timika Gelar Seminar Pendidikan Integral

TIMIKA (Hidayatullah.or.id) — Untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik di Tanah Amungsa dan Bumi Kamoro, Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah terus meningkatkan kapasitas dan mutu guru, guna menghasilkan tenaga pendidik yang handal dan berkarakter ketauhidan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihak yayasan disela-sela Kegiatan Rapat Gabungan Badan Pengurus Hidayatullah Timika, melaksanakan Seminar Pendidikan bertajuk One Day Motivation Pendidikan Integral Berbasis Tauhid di Aula Kampus Utama Hidayatullah Timika, Provinsi Papua, Sabtu 20 Juli 2019.

Seminar ini menghadirkan narasumber Ketua Dewan Pembina yang juga Ketua Bidang Tarbiyah Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah (DPP) Ust. Drs. Tasyrif Amin, M.Pd.I yang membawakan materi tentang “Pendidikan Integral Membangun Karakter”.

Narasumber kedua adalah Ust Drs H. Nursyamsa Hadis, selaku Anggota Dewan Pembina Hidayatullah Timika yang juga membawakan materi “Membangun Komitmen Kelembagaan Dalam Perjuangan di Hidayatullah”.

Kegiatan yang rutin dilaksanakan sesuai dengan program kerja yayasan tersebut diharapkan dapat menyegarkan kembali materi-materi ataupun metode yang mungkin telah dilupakan ataupun dapat memperbaharui metode dan analisis guru dalam memberikan materi kepada peserta didiknya.

Dalam pemaparannya Ust. Tasyrif Amin menerangkan tentang banyak hal seperti; Urgensi Pendidikan Anak, Tingkatan Predikat Anak dalam Islam, Predikat Anak-anak Indonesia, Mengapa Harus Memilih Pendidikan Integral, Muatan Kurikulum Pendidikan berbasis Integral, Lingkungan Integral, Pengelola dan Guru, Pengaruh Guru serta Karakter Anak Didik.

Pemaparan yang apik, ilmiah dan terstruktur dibareng canda-candaan yang bersifat membangun, membuat audiens seminar sangat tertarik untuk mendengarkan karena terdapat banyak sekali hikmah yang dapat diambil dalam pemaparan yang disampaikan oleh kandidat doktor tersebut.

Sementara itu, Ust Nursyamsah Hadis, sebagai pemateri kedua, memaparkan tentang Komitmen Kelembagaan. Menurutnya, Sikap atau bentuk perilaku seseorang terhadap lembaga yaitu dalam bentuk loyalitas, dengan upaya pencapaian visi dan misi lembaga.

Seseorang dikatakan memiliki komitmen yang tinggi terhadap lembaga, dapat dikenali dengan ciri-ciri; pertama, kepercayaan dan penerimaan yang kuat terhadap tujuan dan nilai-nilai lembaga.

Kedua, kemauan yang kuat untuk bekerja demi lembaga. Ketiga, keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota lembaga. Yang kesemuanya itu, tegas dia, harus mengacu pada visi misi Kelembagaan Hidayatullah.

Usai seminar kegiatan dilanjutkan denga Rapat Gabungan yang dihadiri oleh Ketua Pembina, Ust Tasrif Amin,M.Pd.I Beserta Anggota Pembina, Ust Drs. Nursyamsah Hadis, M.Pd, Ust Muh Haris Amin,S.Sos.I, Pengawas Ust Mualimin Amin,S.Sos.I, Ketua Badan Pengurus dan Jajarannya serta Kepala Sekolah.*/Absir B Hamzah

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.