Geliat Dakwah Pendidikan Kampus Hidayatullah Tuban

TUBAN (Hidayatullah.or.id) — Dakwah dan geliat pelayanan keummatan Hidayatullah terus ditingkatkan, tak terkecuali di Provinsi Jawa Timur (Jawa Timur). Dari puluhan kampus Hidayatullah yang ada di kawasan seluas 47.922 km2 atau provinsi terluas di Pulau Jawa ini, Hidayatullah Kabupaten Tuban adalah salah satunya.

Kampus Hidayatullah Tuban yang berlokasi di Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Gang Yudistira, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, ini kini telah membuka layanan pendidikan untuk tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar Integral Hidayatullah Tuban.

Keberadaan SD Integral Hidayatullah Tuban sendiri merupakan rangkaian perjalanan panjang dan berliku dari Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Tuban yang juga bergerak di bidang sosial untuk memberikan fasilitas pendidikan bagi anak-anak yatim, yatim piatu dan dhuafa.

Seiring dengan perkembangannya, anak-anak asuh yang dulunya masih kanak-kanak dan pernah mengenyam proses pendidikan dini di Hidayatullah Tuban, kini mereka hampir seluruhnya telah berhasil menyelesaikan studi kesarjanaannya dari berbagai perguruan tinggi.

Para sarjana muda inilah yang kemudian digembleng dan akhirnya mampu menghadirkan satu komunitas pendidikan Islam bernama SD Integral Hidayatullah Tuban. Dari alumni untuk ummat, demikianlah visi besar mereka untuk berdakwah melalui layanan pendidikan yang bermutu dan berkualitas tinggi.

Pengurus Kampus Hidayatullah Tuban, Ust Lajianto, mengatakan tenaga muda yang diberdayakan tersebut berangkat dari ikhtiar untuk menghadirkan lembaga pendidikan yang integral berbasis Tauhid.

Berawal dari sina serta adanya saran serta masukan dari para pembina wilayah yang ada di Jawa Timur, Hidayatullah Tuban bertekad untuk membuat sebuah lembaga pendidikan formal yang salah satu tujuanya adalah mewadahi agar para kader dapat terus berkarya di lembaga yang telah memiliki kontribusi yang besar dalam keberhasilan pendidikan mereka.

Pada tahun 2010, salah seorang simpatisan Hidayatullah yang juga seorang arsitek, membuat desain untuk sekolah SD Integral Hidyatullah Tuban ini. Sejak saat itulah proses pembangunan gedung dimulai dan selesai pada awal tahun 2011.

Ust Lajianto menyebutkan, SD Integral Hidayatullah Tuban mengawali proses pembelajaran pertamanya tepat pada tanggal 11 Juli 2011. “Suatu pengalaman besar bagi para kader untuk mengaplikasikan ilmu yang telah lama diperoleh di bangku kuliah,” katanya.

Langkah awal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para kader bagaimana mereka dapat mengelola sebuah lembaga pendidikan formal yang harus dapat bersaing secara intelektual dengan lembaga pendidikan yang sejenis yang notabene sudah lebih dulu menancapkan akarnya di Tuban ini.

“Selain itu, lembaga pendidikan Kampus Hidayatullah Tuban yang dikawal ini juga harus berjalan selaras dengan visi Hidayatullah yaitu Membangun Peradaban Islam,” imbuh Lajianto.

Lajianto berharap mujahadah panjang pengurus Hidayatullah Tuban untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan Islam yang dapat menjadi solusi dari problematika umat saat ini, selalu mendapatkan keberkahan dan ridho Allah SWT.

“Keberkahan tersebut dapat digapai dengan tetap mempertahankan kultur Hidayatullah yaitu semangat pelayanan, merawat keikhlasan, meneguhkan pengabdian serta menjaga ukhuwah Islamiyah dan Insaniyah,” pungkasnya.

Lajianto menambahkan, bagi orangtua atau masyarakat Tuban secara luas yang ingin memasukkan anaknya ke SD Integral Hidayatullah, pendaftaran murid baru Gelombang Indent dibuka mulai 01 Agustus–31 Desember 2019 dan Gelombang Reguler 01 Januari-01 Juni 2020.

Adapun syarat-syarat pendaftaran diantaranya membayar biaya pendaftaran, mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan foto kopi Kartu Keluarga, menyerahkan foto kopi Akta Kelahiran, menyerahkan foto kopi KTP orangtua, menyerahkan pas foto berwarna ukuran 3×4 2 lembar, menyerahkan surat keterangan sebagai siswa TK-B dan memenuhi usia minimum 6 tahun (per 1 Juli 2020).

Atau, informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Alamat Sekretariat Kampus Hidayatullah Tuban, Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo, Gang Yudistira RT.04 RW.04 No. 24, Karang Krajan, Kelurahan Karang, Semanding, Kabupaten Tuban. Telepon (0356) 8833250 atau kotak person 0852-8033-5390 (Ust Lajianto) dan 0857-3035-2976 (Ust Fendi). (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.