Pelajar Hidayatullah Penyisihan HIC 2019 Regional Jateng

PURWODADI (Hidayatullah.or.id) — Sebanyak 222 pelajar sekolah Hidayatullah se-Jawa Tengah mengikuti babak penyisihan kompetisi akademik Hidayatullah Islamic Competition (HIC) 2019 Region Jawa Tengah. Seleksi tingkat propinsi ini diselenggarakan di Yayasan Amanah Pondok Pesantren Hidayatullah Purwodadi, Jawa Tengah, Senin (19/8/2019).

Even perlombaan tahunan ini merupakan ajang silaturahim sekaligus kompetisi antar pelajar sekolah di bawah naungan Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Depdikdasmen) DPW Hidayatullah Jawa Tengah. Diikuti pelajar mulai jenjang SD, SMP, hingga SMA.

Ketua Depdikdasmen DPW Hidayatullah Jawa Tengah Ust. Usman Abi Saif, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat jaringan Sekolah Integral Berbasis Tauhid (SIBT) se-Indonesia. Selain itu, lanjutnya, untuk mengukur kualitas, mengetahui kelemahan dan kelebihan serta menjadi sarana publikasi sekolah sekolah.

“Even ini sekaligus ajang seleksi untuk yang mewakili Jateng ke tingkat nasional. Insya Allah babak final HIC akan dilaksanakan September di kota Malang, Jawa Timur”, jelas Usman.

Proses seleksi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini dilaksanakan secara online. Peserta berasal dari Banjarnegara, Pekalongan, Batang, Kendal, Semarang, Salalatiga Purwodadi, dan sekitranya mengikuti seluruh tahapan perlombaan dengan antusias.

Soal-soal mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab seluruhnya dibuat oleh panitia pusat pendidikan Hidayatullah. Seluruhnya dikerjakan secara online melalui perangkat komputer, laptop, tablet, dan smartphone. Adapun tahfidz al Qur’an, dengan melombakan hafalan juz 1 hingga 5.

Ajang nasional Hidayatullah Islamic Competition (HIC) serempak se-Nusantara ini diselenggarakan oleh Depdikdasmen DPP Hidayatullah mulai awal Agustus lalu yang diikuti oleh sekolah-sekolah tingkat dasar dan menengah jaringan Hidyatullah seluruh Indonesia.

Tak hanya berlomba dalam kecakapan bidang akademik dan diniyah, even ini juga bertujuan melatih peserta untuk berlomba-lomba dalam kebaikan dan ketaqwaan. Semoga kegiatan ini menjadi wasilah membentuk generasi muslim yang unggul, berprestasi, dan bertaqwa. */Dikdasmen Hidayatullah Jateng

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.