Hidayatullah Jabodebek Gelar Muharram Fest 1441

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Memasuki tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hirjiyah, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Megapolitan yang meliputi Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek) menggelar Muharram Fest dengan beragam kegiatan diantaranya Khotmil Quran 1000 Santri yang berlangsung di Gedung Pusat Dakwah DPP Hidayatullah, Jalan Cipinang Cempedak, Otista, Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu.

Selain dalam rangka menyemarakkan ditandainya masuknya tahun baru Islam 1 Muharram 1441, kegiatan ini juga sebagai ajang konsolidasi silaturrahim dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah terutama dalam rangka penguatan gerakan dakwah di kawasan ini.

Pada acara Khotmil Quran 1000 Santri di Jakarta ini dihadiri Al Mukarram Habib Ali bin Abdurrahman Alhabsyi yang sekaligus membuka acara tersebut. Diketahui, beliau adalah cucu dari Habib Ali Kwitang yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh ulama dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia. Turut juga bersamanya Ketua Dewan Pertimbangan Pimpinan Umum (DPPU) Hidayatullah KH Dr Abdul Mannan yang memberikan injeksi spirit Muharram dalam kesempatan tersebut.

Ketua DPW Hidayatullah Jabodebek, Ust Asdar Majhari Petta Ewang, S.Ag, dalam keterangannya mengatakan, peringatan tahun baru Hijriyah bukan sekedar mengenang kembali proses hijrahnya Rasulullah SAW dan para sahabat, akan tetapi juga menuntut kita sebagai umatnya untuk berupaya menggali dan menginternalisasi spirit Hijriyah tersebut.

“Motivasi berislam lebih baik lagi, sebagaimana hijrahnya Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam dan para Sahabat dari Makkah ke Madinah merupakan titik awal lahirnya peradaban Islam,” kata Asdar.

Oleh sebab itu, lanjut dia, DPW Hidayatullah Jabodebek pada tahun baru Hijriyah kal ini kembali mengadakan kegiatan peringatan tahun baru Islam ini yang bertajuk Muharram Fair Festival. Tahun Baru Muharram kali ini juga bertepatan dengan momentum peringatan 74 tahun kemerdekaan Indonesia melepaskan diri dari kungkungan penjajahan.

“Harapannya, kegiatan ini semakin memantapkan jatidiri kita sebagai kader Hidayatullah untuk terus meneguhkan pengabdian kita membangun bangsa Indonesia tercinta dan melayani dunia dengan dakwah dan tarbiyah dalam bingkai ukhuwah,” terang Asdar.

Tidak saja kegiatan Khataman Al Quran 1000 Santri yang diikuti perwakilan santri dari berbabagi pondok pesantren naungan Hidayatullah di kawasan, semarak Muharram Fair Festival DPW Hidayatullah Jabodebek ini menyelenggarakan beragam rangkaian kegiatan dan perlombaan seperti tabligh akbar, pameran taaruf lembaga, malam muhasabah, beragam lomba seperti futsal, badminton, fotografi, dan lain-lain.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mengangkat tema “Dengan Spirit Hijriah Merajut Ukhuwah” ini diramaikan oleh kepesertaan jamaah dan kader Hidayatullah se-Jabodebek mulai dari unsur pengurus DPW, DPD, Ortom, Orpen dan Amal Usaha serta santri RQ Rumah Quran dan Pondok Quran Hidayatullah se-Jabodebek. Ada juga Islamic Medical Service (IMS) yang membuka posko pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis.

Di penutupan acara hari ini, para juara menerima trophy penghargaan usai memenangi sejumlah perlombaan yang digelar dalam helatan Muharram Fest 1441 yang diserahkan oleh panitia. Acara ini didukung oleh Laznas BMH, IMS, Gardakota, CV Santri Grafika, Komunitas Muda CC14 dan lain-lain. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.