Manokwari Kirim 20 Peserta ke Jamnas II Pandu Hidayatullah

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) -– Sebanyak 20 santri Pondok Pesantren Hidayatullah Manokwari akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) Pandu II Hidayatullah se-Indonesia yang akan berlangsng di Bumi Perkemahan Coban Rondo, Batu, Malang Jawa Timur, selama empat hari yang dijadwalkan akan dimulai 24 September sampai 29 September 2019.

“Jamnas Pandu II Hidayatullah dari Provinsi Papua Barat ada dua kelompok yaitu dari Ponpes Hidayatullah Manokwari dan Ponpes Hidayatullah Kaimana,” jelas pendamping peserta Jamnas Hidayatullah Manokwari, Ust Ahmad Sodri, yang ditemui media di Pelabuhan Kapal Laut Manokwari, Selasa (17/9/2019).

Ustazd Ahmad Sodri mengatakan, Manokwari akan mengikuti serangkaiaan kegiatan di Jamnas seperti lomba ketangkasan, PBB , yelyel pionering, sandi, panahan, morse, estafet dan lain-lain. “Manokwari mengikutkan 20 santri dan Kaiman 10 santri,” tambah Sodri.

Peserta Jamnas Pandu II dilepas oleh Ketua Badan Pembina Ponpes Hidayatuallah Manokwari Ust Muhammad Sulton di Ponpes Hidayatullah Manokwari, Selasa (17/9/3019) pagi.

Kemudian peserta akan menggunakan angkutan kapal laut KM Gunung Dempol menuju Surbaya Jawa Timur. “Peserta harus taat, sabar, semangat dan menjaga kesehatan selama mengikuti rangkaiaan kegiatan Jamnas di Malang nanti,” pesan Ustazd Sulton.

Sesuai UU Pendidikan Nasional No. 20 Pasal 3 Tahun 2003, pendidikan nasional harus mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Selaras dengan itu, gerakan kepanduan nasional yang lahir dan mengakar di bumi nusantara merupakan bagian terpadu dari gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia yang membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh karenanya, gerakan kepanduan nasional Indonesia mempunyai andil yang tidak ternilai dalam sejarah perjuangan kemerdekaan itu. Jiwa kesatria yang patriotik telah mengantarkan para pandu ke medan juang bahu-membahu dengan para pemuda untuk mewujudkan adicita rakyat Indonesia dalam menegakkan dan mandegani Negara Kesatuan Republik Indonesia selama-lamanya.

Jambore Nasional II Pandu Hidayatullah 2019 adalah kegiatan silaturrahim, kompetisi, dan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan pandu hidayatullah tingkat mutawashith dan muntahi.

Perkemahan ini merupakan sarana pembinaan pandu muntawashith dan muntahi yang menitikberatkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Jambore Nasional II Pandu Hidayatullah 2019 dilaksanakan pada tanggal 25-29 September 2019, dengan alokasi waktu kegiatan: peserta datang, registrasi dan pendirian tenda tanggal 24 September 2019, Upacara Pembukaan tanggal 25 September 2019 pukul 08.00-10.00 WIB, hari efektif kegiatan tanggal 25-29 September 2019 dan upacara penutupan tanggal 29 September 2019.

Tempat pelaksanaan kegiatan Jambore Nasional II Pandu Hidayatullah 2019 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Coban Rondo, Malang, Jawa Timur. Dengan tema “Pandu Hidayatullah Berkhidmat untuk Indonesia lebih Bermartabat”.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.