Tim Olimpiade Luqman Hakim Berjaya di Optika Jakarta

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Seakan tak punya lelah. Mereka terus berjuang dan mengukir sejarah. Jika pekan kemarin mereka menjelajah kota Suwar-suwir Jember, akhir pekan ini mereka menaklukkan Ibu Kota Jakarta. Yups, merakalah tim olimpiade Sekolah Integral Luqman Al Hakim (Siluqim) Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya.

Tim olimpiade SD dan SMP Siluqim berhasil mengawinkan gelar juara 1 dalam Olimpiade Matematika (OPTIKA) 19 Tingkat Madrasah dan Sekolah Islam Se-Indonesia di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) Ahad (13/10/2019) kemarin.

Tim Olimpiade SD yang berhasil menyabet juara 1 beranggotakan Kurnia Amatullah Husna Rahmanto, Vania Nurmala Syahda, dan Dwifa Nashita Nuha. Sedangkan tim SMP diwakili Reswara Anargya Dzakirullah, Aldyto Rafif Abhinaya, dan Ahmad Haizun Tafdhila.

Pembina sekaligus pendamping tim olimpiade Siluqim, Ust. Imam Syafii, S.Si menjelaskan bahwa lomba di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini merupakan rangkaian agenda “Roadshow Goes to Campus” tim olimpiade Siluqim. Setelah sebelumnya berlaga di OMITS 2019 ITS Surabaya, Math Competition PHI 2019 Unisma Malang, MCR LRP 2019 Unesa Surabaya, OLMAT 2019 UIN Surabaya, dan Mathemaics Studen Club 2019 Universitas Negeri Jember.

“Alhamdulillah agenda roadshow ke 6 Universitas memperoleh hasil yang positif. Hampir di semua ajang, tim kami naik podium meraih juara 1. Roadshow ini merupakan salah satu persiapan tim sebelum mereka berlaga di event internasional”, jelasnya.

Sementara itu ketua tim olimpiade Siluqim, Ust. Adi Purwanto, M.Pd mengapresiasi pencapaian tim olimpiade dalam agenda roadshow ini. Beliau sekaligus memohon doa dan dukungan agar seluruh anggota tim senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah SWT.

“Atas perjuangan dan prestasi dari seluruh tim olimpiade, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Hasil yang sangat membanggakan. Tetaplah menjadi sang juara yang rendah hati, respek kepada siapapun, dan jangan lupa untuk terus bersyukur kepada Allah SWT. Tanpa pertolongan-Nya, mustahil hasil ini bisa diraih,” pesan beliau.

OPTIKA 19 sendiri merupakan ajang perlombaan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika (HMJ-PMAT) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta.

Peserta OPTIKA 2019 berasal dari seluruh Indonesia. Tercatat ada 13 wilayah dan beberapa kota yang mengikuti tahapan seleksi hingga grand final. Diantaranya Jakarta, Pamekasan, Tangerang, Serang, Bekasi, Bogor, Depok, Bandung, Cirebon, Purwokerto, Semarang, Jepara, Pamekasan, Surabaya, Kediri, Jogjakarta, Malang, Medan, Riau, Aceh, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Makasar, Palu, Lombok, Lampung, Pontianak. Bisa dibayangkan betapa ketatnya persaingan.

Format olimpiade dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu seleksi wilayah, seleksi nasional dan olimpiade semifinal. Dengan Lomba Cerdas Cermat Matematika sebagai tahapan akhir atau Grand Final OPTIKA./*Cakrud

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.