Hidayatullah Sangatta Majukan Dakwah Melalui Masjid

SANGATTA (Hidayatullah.or.id) — Sebagai lembaga Islam yang memiliki mainstream gerakan di bidang dakwah, Hidayatullah di Kabupaten Kutai Timur dituntut untuk selalu memastikan ketersediaan penyuluh agama dalam rangka mencerahkan kehidupan masyarakat dengan nilai-nilai agung ajaran Islam.

Bersamaan dengan agenda pembangunan sumber daya manusia bermartabat tersebut, DPD Hidayatullah Kutai Timur bersama dengan Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah di kawasan, kini membangun Masjid Al Huda yang berlokasi di Kampus Hidayatullah Sangatta yang dekat bilangan Bukit Pelangi, pusat pemerintahan Kabupaten Kutim.

Dalam kesempatan acara Sosialisasi Hasil Rakornas Hidayatullah yang digelar di Kampus Hidayatullah Sangatta hari ini, Rabu (30/10/2019) juga sekaligus dilakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sebagai tanda dimulainya proyek pembangunan Masjid Al Huda Ponpes Hidayatullah Sangatta Kutai Timur yang diresmikan oleh Ketua DPRD Kaltim H. Makmur HAPK.

Dalam sambutannya, Makmur yang juga mantan Bupati Berau ini menyampaikan pesan pentingnya masjid sebagai wadah pembinaan umat sekaligus dalam rangka mengeratkan silaturrahim ulama dan umara.

“Mari menjaga keharmonisan sinergi sesama warga masyarakat sehingga dapat mewujudkan cita-cita pembangunan wilayah Kaltim yang makmur sejahtera bermartabat dan berdaulat,” katanya.

Makmur mengatakan, dirinya sengaja memulai masa resesnya dengan start dari masjid ke Masjid guna mendapatkan kebaikan dan keutamaan serta kemuliaan Allah SWT. Hal ini juga diharapkan menjadi tanda kebaikan perlangkahan tugasnya sebagai Ketua DPRD Kaltim.

Pada kesempatan itu dia mengajak semua pejabat eksekutif dan legislatif dan tokoh-tokoh masyarakat memperhatikan pembangunan dan kemakmuran masjid.

“Sebagai anggota DPRD Kaltim, agar membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa melihat partai dan sebagainya. Karena kita sudah menjadi Wakil Rakyat semua golongan,” ujar Makmur.

Ia pula menegaskan tentang kedekatannya dengan Hidayatullah selama ini. Dia mengatakan, keberadaannya tidak terpisahkan dengan Hidayatullah.

Ketua Dewan Pembina Hidayatullah Sangatta KH Jamaluddin Ibrahim dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Ketua DPRD Kaltim dalam masa reses pertamanya memprioritaskan gerakan silaturrahim dari masjid ke masjid dan sekaligus mensejarahkan amal kebaikannya untuk peletakan batu pertama pembangunann Masjid Al Huda Hidayatullah Sangatta.

“Terima kasih atas perhatian dan dukungan segenap pejabat pemerintahan maupun masyarakat dalam pembangunan dan kemakmuran masjid, semoga menjadi wasilah terbangunnya rumah-rumah surga di hadapan Allah SWT,” kata Jamaluddin.

Jamaluddin, masih dalam kesempatan yang sama, mengatakan bahwa adalah kehormatan bagi segenap warga Hidayatullah di Kaltim karena Makmur sebagai Ketua DPRD Kaltim merupakan bagian keluarga Hidayatullah semenjak beliau sebagai bupati Berau hingga sekarang.

“Senantiasa beliau pioner berkontribusi bagi gerakan dakwah Hidayatullah,” ujar Jamaluddin yang juga Bendaraha DPW Hidayatullah Kaltim ini.

Dengan keberadaan masjid Al Huda tersebut diharapkan nantinya akan semakin meningkatkan peran pembangunan khususnya di Sangatta dalam bidang dakwah dan pendidikan yang selama ini telah berjalan

Dalam rangka memajukan dakwah di Kota Sangatta dan di Kutim pada umumnya, Masjid Al Huda ini kelak akan menjadi sentra kegiatan pengembangan kapasitas sumber daya insani umat serta melakukan penguatan fungsi masjid sebagai pusat peradaban Islam, pusat kegiatan ibadah, pusat pengembangan ilmu, pusat kebudayaan Islam, pusat pengembangan karakter dan kepemimpinan umat.

Pada kesempatan tersebut turut hadir sejumlah ‘alim ulama seperti KH Amin Fattah yang juga mantan Ketua FKUB Kutim, Wakil Bupati Kabupaten Kutai Timur H. Kasmidi Bulang, ST, MM, perwakilan Dandim 0909 Sangatta serta perwakilan Kapolres Kutai Timur, tokoh dan pimpinan ormas serta sejumlah jajaran DPW Hidayatullah Kaltim dan DPD Hidayatullah Kutai Timur serta pengurus yayasan. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.