TOT Pandu Hidayatullah Digelar di Wilayah Papua Barat

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) — Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Manokwari menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Training of Trainer (TOT) Pandu Hidayatullah se-Wilayah Papua Barat yang pembukannay dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Hidayatullah Manokwari, Sabtu (21/12/2019.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan guru-guru terpilih yang tergabung dalam Pendidikan Integral Hidayatullah, mulai tingkat MI/SD, MTs/SMP & MA/SMA seluruh Papua Barat dengan jumlah peserta sebanyak 40 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan kepesertaan skala wilayah selama 3 hari (21-23 Desember 2019).

Selaku Ketua Panitia, Muhammad Sodri, mengatakan, sebagai mana yang kita ketahui, Papua Barat merupakan daerah yang dalam skala nasional masih relatif tertinggal mutu pendidikannya dari beberapa daerah di Indonesia.

Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, diantaranya persoalan SDM yang belum memadai. Sehingga dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, menurut Sodri, maka sangat perlu dilaksanakan pelatihan guru sebagai upgrading sebagaimana tema kegiatan ini “Menyiapkan Generasi Hebat untuk Indonesia Lebih Bermartabat”.

Senada dengan itu, Kepala Departemen Pendidikan Hidayatullah Wilayah Papua Barat, Suwadi, dalam sambutannya menjelaskan secara singkat apa itu Pandu Hidayatullah. Pandu Hidayatullah, kata dia, adalah sebutan internal gerakan Pramuka yang dinaungi ormas Hidayatullah yang telah mengantongi izin resmi dari Kwarnas dengan nama Satuan Komunitas (SAKO) Pramuka Hidayatullah.

Di Indonesia telah ada 6 Sako Kepramukaan yang telah mendapat izin dari Kwarnas dan Sako Pramuka Hidayatullah adalah Sako yang ke 7. Melalui kepercayaan pemerintah ini, diharapkan Sako Pramuka Hidayatullah dengan segera mencetak trainer-trainer baru, sehingga terjadi percepatan dalam hal pendidikan melalui kepramukaan.

Suwadi menambahkan, sebagaimana program pemerintah mencerdaskan anak bangsa, terkhusus di Papua Barat, Hidayatullah melalui kegiatan TOT ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman para guru dalam mendidikan terutama dalam hal kepanduan.

Dia melanjutkan, TOT ini adalah kegiatan perdana yang dilaksanakan di Papua Barat, sehingga sangat ditekankan kepada para guru yang tergabung dalam pendidikan Hidayatullah se-Papua Barat.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari beberapa Kabupaten, yakni Kabupaten Kaimana, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong, Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Bintuni dan Kabupaten Manokwari dengan jumlah keseluruhan 40 peserta.

Kegiatan pembukaan TOT ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kabupaten Manokwari, Nelles Dowansiba, S.Pd, M.Si.

Dalam sambutannya, Nelles Dowansiba mengatakan peran pemerintah terkhusus Dinas Pendidikan adalah mencerdaskan anak bangsa dan pelaksananya adalah lembaga-lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta.

“Saya sangat mengapresiasi Hidayatullah dalam mendidik dan membina anak murid, terutama anak-anak Papua. Sebab dalam mendidik mereka harus dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Dan wujud apresiasi itu, saya sudah dua kali datang lansung ke sekolah ini untuk melakukan kunjungan,” kata Nelles.

Ia menambahkan, sebagaimana yang sama kita ketahui, Manokwari sebagai kota Injil, sangat menjunjung tinggi sikap toleransi ummat, sehingga melalui pendidikan Hidayatullah kami menitipkan pesan yang sangat berharga untuk anak-anak kami.

“Kerja sama selalu kami jalin dan semoga kemitraan ini bisa terus berlanjut dan semakin ditingkatkan,” katanya menandaskan.

Hadir sebagai narasumber instruktur Ketua Sako Pramuka Hidayatullah Syarif Daryono, S.Pd.I, MM, M.Si dari Jogja dan Ahmad Hamim selaku Kepala Departemen Operasi SAR Hidayatullah Pusat.

Turut hadir dalam acara pembukaan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Manokwari, Kepala-kepala Sekolah Pendidikan Integral Hidayatullah Manokwari (MI, MTs, MA) Pengurus Mushida Wilayah Papua Barat, Pengurus PW Syabab Hidayatullah, SAR Hidayatullah Papua Barat & Ketua Baitul Maal Hidayatullah serta pimpinan lembaga lainnya.*/Miftahuddin

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.