Dari Batanghari ke Muaro Jambi, Serap Energi Konsolidasi Dai

Ketua DPW Hidayatullah Jambi, Awaluddin mendampingi Ketua Departemen Pendidikan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Amun Rowie, menyalami Almi yang mendapatkan bantuan kendaraan motor dakwah.

MUARO JAMBI (Hidayatullah) — Ada kisah menarik dari helatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Provinsi Jambi. Acara Rakerwil sekaligus ajang konsolidasi dai tersebut membuat Almi Tadjri begitu bersemangat menghadiri acara yang berlangsung pada tanggal 25-26 Januari 2019 bertempat di kampus Madya Hidayatullah Muara Jambi tersebut.

Almi Tadjri adalah salah satu orang yang ikut menjadi peserta dalam Rakerwil ini. Ustadz Almi, begitulah sapaan akrabnya, merupakan alumni Sekolah Menengah Atas (SMA) Hidayatullah pada tahun 2019.

Setelah lulus, Almi mendapatkan amanah untuk merintis sebuah rumah dakwah sekaligus menjadi Dewan Perwakian Daerah (DPD) Hidayatullah di Kabupaten Batanghari.

Sudah terbayang dibenak Almi, untuk mengikuti Rakerwil dia harus berangkat 5 jam lebih awal. Namun tekatnya sudah kuat. Tidak ada kata terlambat untuk ikut Rakerwil ini. Sebab baginya Rakerwil merupakan sebuah konsolidasi yang teramat penting.

Kendaraan? Tentunya ia juga mempunyai kendaraan pribadi. Namun, jangan dibayangkan kendaraan itu sebuah motor kokoh bermesin 4-tak. Hanya sebuah sepeda onthel, menjadi sahabat Almi dalam perjalanan menuju arena Rakerwil.

Ia pun mantap melalui jalanan yang terjal, menanjak, ditambah lagi dengan kerikil-kerikil kecil sering membuat tergelincir roda depan atau belakang. Berjibaku antara ayunan kedua kaki dengan kucuran keringat yang mengalir deras membasahi tubuh ini, untuk bisa sampai tepat waktu.

Lelah sudah tentulah ada. Namun semangat yang begitu membara membuat semua rasa lelah itu tidak terasa sama sekali. Bagi Almi, bagaimanapun keadaanya, apapun rintanganya selalu ada doa dan semangat yang membara pada beliau.

“Ini merupakan sebuah amanah dan merupakan sebuah tanggung jawab karena telah mengikrarkan untuk mengabdi kepada masyarakat,” kata Almi.

Selama kurang lebih 4,5 jam perjalan yang dilalui, Almi dengan terus menebar senyum kepada siapa saja yang ia temui. Beratnya perjuangan ini harus dilalui, walaupun sarana yang ada tidak terlalu mendukung untuk mempercepat lajunya perjuangan di medan dakwah ini.

Perjalanan Almi ini pun turut menjadi inspirasi bagi peserta Rakerwil lainnya yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Ketua Departemen Dikdasmen DPP Hidayatullah, Drs Amun Rowie, yang mendampingi Rakerwil Hidayatullah Jambi pun merasakan haru mendalam seraya mengajak kepada peserta menyedot energi dari acara ini terutama menyerap ketelatenan dakwah yang ditunjukkan Ust Almi.

“Semoga sekembali ke tempat tugas, pengabdian kita semakin mantap dan dakwah yang semakin giat,” katanya.

Mengawali tahun 2020 ini, DPW Hidayatullah se Indonesia secara serentak tengah menjalani Rakerwil dengan pimpinan cabang yang terdiri sebanyak 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW). Rakerwil merupakan sebuah hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan.(ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.