Hidayatullah Kobi Ajak Maksimalkan Kebaikan di Bulan Ramadan

MALUKU (Hidayatullah.or.id) — Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi bergerak untuk membantu para guru-guru mengaji di tengah menyebarnya virus Covid-19. Kegiatan itu sengaja dilakukan demi mengurangi beban para guru yang terkena dampak wabah. Pimpinan Hidayatullah Kobi, Ustad Hasnan Hanif mengatakan bahwa wabah Covid-19 sangat memberikan dampak besar bagi kehidupan ekonomi para guru ngaji. Mereka tidak meminta-meminta, mereka lebih memilih menjual atau menggadaikan barang yang mereka miliki, bahkan ada di antara mereka yang lebih memilih berhutang demi memenuhi kebutuhan makan sehari hari keluarganya, dengan harapan setelah wabah ini selesai mereka akan mengembalikannya.

“Bulan Ramadhan ini adalah momen terbaik bagi kami memperhatikan para guru mengaji yang sangat jarang diperhatikan nasibnya saat pandemi ini. Kami tentunya berbagi bukan hanya saat dikala mudah melainkan juga berbagi dikala sempit” jelasnya

Selain para guru mengaji, Pondok Pesantren Hidayatullah Kobi juga menyalurkan bantuan kepada Dai dan juga sahabat-sahabat mualaf. Adapun bantuanya berupa bantuan langsung tunai yang menargetkan 28 dai, 10 guru ngaji dan 30 mualaf. 

“Tentunya pada bulan Ramadan, Hidayatullah Kobi ingin memaksimalkanya dengan lebih banyak berbagi, terlebih untuk kondisi saat ini” jelas Hasnan.

Ponpes Hidayatullah Kobi, juga telah melaksanakan buka puasa bersama santri, Meskipun dalam suasana sangat berbeda karena pelaksanaan tahun ini ditengah pandemi Covid-19, Ponpes Hidayatullah Kobi tetap melaksanakan bukber bersama santri sembari dengan konsep yang telah ditetapkan yaitu sosial distance dengan tidak mengundang orang lain selain warga lingkungan pesantren. Tentunya hal ini agar para santri bisa tetap semangat dalam suasana Ramadan. 

“Walaupun dengan suasana Ramadan yang berbeda kali ini, kita akan tetap menjaga semangat para santri dalam melaksanakan ibadah Ramadan, salah satu halnya ialah mengadakan bukber bersama warga lingkungan Pesantren untuk mentaati protokol dari pemerintah” terang Hasnan.

Hasnan Hanif juga menjelaskan bahwa mereka masih akan terus mengupayakan melakukan kegiatan bantuanya ini selama bulan Ramadan berlangsung. Ia juga menjelaskan membuka peluang kebaikan bersama, jika masyarakat yang juga ingin mengikuti program bantuan sosial yangsedang dilaksanakan, dapat menghubungi Ponpes Hidayatullah Kobi.

“Kita akan terus memaksimalkan berbagi kebaikan selama bulan Ramadan dan tentunya kita juga mengajak masyarakat untung saling bantu serta saling tolong, terutama kepada mereka yang sangat jarang diperhatikan selama pandemi Covid-19 berlangsung. Jika ingin mengikuti program kami, maka dapat menghubungi Ponpes Hidayatullah Kobi” jelas Hasnan.*Amanjikefron

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.